7 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

Sekarang ini, sudah banyak dikembangkan sebuah perumahan yang siap huni. Walaupun demikian, tak sedikit orang yang berkeinginan untuk bisa membangun rumah tinggalnya sendiri.

Alasannya memang sangat beragam, akan tetapi alasan yang paling banyak digunakan adalah dikarenakan mereka bisa mendesain rumahnya sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Agar di dalam membangun rumah tinggal Anda jadi lebih hemat, berikut ini kami rangkumkan sekitar 7 tips hemat membangun rumah sendiri. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

7 tips hemat membangun rumah sendiri

Buatlah perencaan pembangunan

Langkah awalnya adalah perencanaan, dimulai dari dana, ukuran bangunan, sampai target waktu pembangunannya. Rencana satu ini nantinya akan berguna sekali sebagai pengendali kemungkinan bila terjadi penyimpangan selama proses pembangunan.

Pakai desain type minimalis

Rumah tinggal dengan desain type minimalis sekarang ini sedang menjadi trend, baik bagi pengembang perumahan maupun pembangunan rumah sendiri. Desain rumah miimalis dinilai jauh lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bangunan, akan tetapi tetap terkesan modern nan mewah.

Menentukan bentuk bangunan

Bentuk dari bangunan nantinya akan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan serta kebutuhan akan bahan bangunannya. Rumah dengan bentuk persegi atau pun persegi panjang lebih cenderung mudah dibangun serta hemat biaya, bila dibandingkan rumah berbentuk segitiga atau pun sudut yang lain.

Riset harga bahan bangunan

Harga bahan bangunan saat ini makin tinggi, hal tersebut menjadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan secara matang dan seksama. Tidak sedikit orang yang menunda proses pembangunan rumahnya dikarenakan harga bahan bangunan tidak ramah kantong. Untuk itulah sangat penting sekali melakukan riset mengenai harganya.

Selektif pilih juru bangunan

Membangun sebuah rumah tinggal sendiri bukan berarti Anda nantinya yang mendirikan rumah itu secara sendiri, akan tetapi Anda akan butuh jasa juru bangunan atau pun tukang sebagai pelaksana. Mereka yang nantinya akan meracik semua bahan bangunan serta menyajikan hasil akhir bangunan rumah tinggal yang berkualitas. Karena memiliki peranan yang cukup penting, Anda harus lebih selektif lagi di dalam memilih juru bangunannya.

Mulailah membangun secara bertahap

Tips berikutnya adalah Anda tidak harus menunggu sampai dananya mencukupi untuk membangun seluruh bagian. Anda dapat memulainya secara bertahap, mulai dari pembuatan pondasi rumah, pendirian bangunan, sampai dengan pemasangan atap yang pemasangannya tentu saja disesuaikan dengan uang yang ada. Memang hal yang seperti ini nantinya bisa memakan waktu yang lebih lama, akan tetapi hal ini bisa memberikan kesempatan untuk Anda untuk lebih berfokus pada setiap tahapannya, serta uang yang dikeluarkan pun bisa lebih teratur.

Pakai bahan bangunan lokal

Bahan bangunan yang berkualitas tidak harus dengan harga yang mahal atau pun produksi luar negeri. Untuk bisa menghemat biaya pembangunan rumah tinggal, Anda dapat menggunakan bahan bangunan lokal saja, seperti bamboo, kayu, dan lain sebagainya. Selain lebih mudah ditemukan, jenis bahan bangunan lokal ini juga lebih murah harganya.

Itulah sekilas informasi tentang 7 tips hemat membangun rumah sendiri yang bisa kami bagikan. pastikan sebelum membangun rumah, Anda sudah mempertimbangkan semua yang diperlukan.

Leave a Reply