Begini Cara Bangun Pondasi Rumah yang Kokoh dan Kuat

Pondasi rumah adalah salah satu bagian yang paling dasar dan juga sangat penting. Yang mana pondasi ini wajib dibuat kokoh dan juga kuat, sebab memang posisinya yang akan menjadi penentu kekokohan dari sebuah bangunan rumah.

Maksudnya disini adalah apabila pondasi dibuat asal-asalan saja, maka bangunan yang akan dihasilkan juga tak akan kokoh. Sementara itu, apabila pondasi rumah dibuat kuat dan kokoh, maka bangunannya akan bisa tegak berdiri. Hal tersebut juga menjadikan bangunan rumah tinggal Anda akan bisa lebih awet dan juga tahan terhadap guncangan.

Apabila Anda memang masih bingung di dalam mencari cara untuk membuat pondasi atau dasar rumah tinggal yang baik dan juga kuat, kali ini kami akan rangkumkan beberapa cara paling mudah untuk bangun pondasi rumah yang kokoh dan kuat.

Cara bangun pondasi rumah yang kokoh dan kuat

Menggunakan teknik batu kali

Teknik yang pertama adalah dengan menggunakan batu kali. Dalam hal ini, batu kali akan dicampur dengan semen serta pasir yang perbandingkan volumenya sekitar 1 : 4. Pastikan juga campuran antara semua bahan tersebut bisa pas dan bisa menahan bangunan yang akan didirikan.

Menggunakan sistem beton

Teknik yang kedua ini adalah teknik yang memakai sistem beton bertulang. Anda dapat mencampurkan semen, pasir, dan juga kerikil, dengan perbandingkan volume ketiganya adalah 1 : 3 : 2. Setelah campurannya selesai dibuat, maka Anda dapat memasukkan tulangan besi ke dalamnya. Anda dapat memilih teknik pertama atau pun teknik kedua untuk membuat pondasi rumah yang terbaik. Teknik selanjutnya adalah teknik yang bisa memperkuat teknik yang pertama dan juga kedua.

Meratakan

Ukuran dari kemiringannya juga harus Anda perhitungan dengan baik, hal ini bisa juga diwujudkan dalam bentuk pondasi. Tujuan dari hal ini adalah supaya pondasi yang dibuat bisa menahan beban serta tak miring. Apabila bangunannya miring, maka bangunan yang akan berdiri di atasnya dapat jadi mudah sekali untuk roboh. Maka dari itulah, perlu sekali dibuat rata dan juga lurus sekitar 180 derajat celcius. Untuk bisa mewujudkan hal yang demikian ini perlu sekali dibuat sloop. Sloop nantinya dibuat dari tulangan besi yang telah dicor, lalu dicampurkan dengan semen, pasir, dan kerikil.

Pemasangan plastik

Plastik polyfiled adalah salah satu jenis plastik yang dimaksud di sini. Umumnya plastik tersebut dipergunakan sebagai tenda untuk warung yang ada di tepian jalan, milik dari pedagang kaki lima. Plastik tersebut difungsikan sebagai tatakan kerikil. Cara mudahnya adalah gelar polyfiled lalu letakkan kerikil setebal 15 sampai dengan 20 cm di bagian atasnya. Ratakan terlebih dahulu kemudian dipadatkan supaya tidak bergerak. Lakukan dengan cara pembuatan pondasi rumah, baik dengan tenik pertama atau kedua.

Itulah cara bangun pondasi rumah yang kokoh dan kuat. Semoga saja dengan informasi tersebut bisa memudahkan untuk bangun pondasi pada rumah tinggal Anda nantinya.

Leave a Reply