Berapa Lama Bangunan Harus Direnovasi?

Kira-kira berapa lama bangunan harus direnovasi, khususnya untuk bangunan rumah tinggal? Mungkin saja jawabannya bisa sangat bervariasi, sebab yang demikian ini tergantung dari gaya hidup atau pun financial seseorang tersebut. Bisa jadi mereka ingin merenovasi rumahnya karena memang ingin mengikuti trend desain rumah yang lagi booming saat ini, sehingga lama bangunan harus direnovasi bisa terhitung 1 tahun, 2 tahun, atau lebih.

Tapi, ada juga yang merenovasi rumahnya hanya pada saat ada kerusakan pada bagian-bagian rumah tinggalnya tersebut, masa lama bangunan harus direnovasi bisa terbilang cukup lama misalnya saja 5 tahun, 10 tahun, atau bisa juga lebih dari itu, sebab yang demikian ini juga tergantung dari ketahanan bangunan rumah itu sendiri.

Pada saat dana renovasi rumah telah Anda sediakan, pastinya akan ada banyak sekali ide untuk desain rumah tinggal Anda tersebut. Biasanya, orang akan mencari tahu cara desain rumah yang bagus, akan tetapi ada satu hal yang seringkali terlewatkan, yakni etika renovasi rumah minimalis. Sama halnya dengan perilaku yang mempunyai etika, demikian pula dengan saat bangun rumah pada permukiman atau komplek. Apalagi biasanya rumah di Indonesia mempunyai dinding yang menempel dengan dinding rumah tetangga. Dengan kondisi yang seperti inilah, aktifitas renovasi rumah akan banyak berdampak pada tetangga Anda, misalnya saja debu atau suara bising.

Etika renovasi rumah desain minimalis

Sosialisasi

Apabila hanya rumah tinggal Anda yang akan dilakukan renovasi dan kondisi tetangga dekat tak ada masalah, maka sebelum dilakukan renovasi rumah, lebih dulu Anda sampaikan niat akan renovasi rumah. Katakan saja ada kemungkinan yang muncul seperti suara bisig dari peratalan pertukangan, dan lain sebagainya.

Pembatas

Pastikan juga Anda memasng pembatas antara rumah Anda sendiri dengan rumah tetangga, supaya tidak ada debu, partikel, atau kotoran yang masuk ke rumah tetangga. Bagaimana pun juga hal tersebut akan berpotensi sebabkan gangguan ISPA. Dengan memasangkan pembatas untuk hal itu, maka akan meminimalkan dampak negatif akibat dari kegiatan pembangunan renovasi rumah.

Penetapan jam kerja

Ada baiknya Anda tetapkan jam kerja untuk tukang bangunannya sehingga pekerjaan renovasi rumah tak dilakuakn di jam-jam tetangga sedang istirahat, khususnya saat malam hari. Jangan sampai tetangga Anda eluhkan keluarganya sulit untuk bisa tidur nyenyak ketika jam istirahat malam hari .

Tetapkan aturan bagi tukang bangunan

Peraturan ini sangat penting sekali untuk jaga keteraturan, seperti halnya dengan tata cara buang sampah, aturan merokok, atau yang lainnya, sebab boleh jadi tetangga Anda merasa keberatan karena tukang bangunan Anda tidak menjaga kebersihan serta polusi asap rokok.

Tanggung jawab

Ada baiknya Anda juga memberitahukan pada tetangga bahwa Anda akan bertanggung jawab bila ada jalan yang rusak, atau saluran got yang menumpuk, sehingga sebabkan banjir, bahkan komplen akibat dari kerusakan rumah tetangga karena tidak disengaja tertimpa bahan material rumah Anda.

Demikian informasi tentang berapa lama bangunan harus direnovasi dan etika renovasi yang bisa kami bagikan, agar terciptalah lingkungan sosial bertetangga yang harmonis. Kenyamanan rumah tinggal tak hanya tercipta dikarenakan oleh keindahan desain belaka, akan tetapi juga dilengkapi pula dengan lingkungan bertetangga yang baik pula.

Leave a Reply