Berbagai Pilihan Genteng yang Ringan dan Anti Bocor

Sewaktu membangun sebuah rumah tinggal, pastinya genteng harus diperhatikan betul kualitasnya. Pemilihan genteng ini nantinya sangat penting sekali dan juga harus tepat, mulai dari segi bentuk konstruksi sampai dengan pemilihan materialnya. Hal tersebut memiliki tujuan sebagai pelindung penghuni rumahnya dari pengaruh kondisi alam dan juga berbagai macam bahaya.

Jika Anda salah di dalam memilih genteng dan juga tidak tahu jenis yang tepat untuk atap rumah tinggal Anda, maka akan berakibat sering terjadi bocor dan juga tidak bisa menghantarkan suhu dengan baik, hal tersebut nantinya juga akan sangat mengganggu kenyamanan. Ada banyak sekali jenis genteng yang tersedia di pasaran, harga gentengnya pun juga sangat beragam. Agar tak salah di dalam memilih genteng yang tepat untuk konstruksi atap rumah tinggal Anda, di bawah ini ada berbagai pilihan genteng yang ringan dan anti bocor yang mungkin saja jadi pilihan terbaik untuk rumah Anda.

Pilihan genteng ringan dan anti bocor

Genteng asbes

Genteng asbes satu ini dibuat dari enam gabungan mineral silikat alam. Yang mana penutup atap dengan menggunakan genteng tersebut banyak dipergunakan, harganya yang sangat murah dan juga pemasangannya pun lebih mudah. Dikarenakan bobot dari genteng asbes ini lebih ringan, maka tak perlu konstruksi gording khusus juga tak memerlukan banyak penggunaan kayu reng.

Dan kelemahan penggunaan genteng asbes ini menurut ahli kesehatan, adalah genteng asbes tersebut kurang baik jika digunakan untuk atap rumah, karena dapat mengakibatkan penyakit. Kenapa demikian? Sebab serat asbes dalam bentuk partikelnya lebih mudah terlepas dan juga beterbangan, serta bila terhirup maka dapat mengakibatkan penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker paru-paru.

Genteng metal atau genteng bahan logam

Jenis satu ini berupa lembaran mirip sekali dengan seng. Genteng dengan jenis tersebut di tanam pada sebuah balok gording rangka atap menggunakan sekrup. Ukuran genteng dengan jenis satu ini sangat bervariasi, yakni dengan lebar 60 hingga 120 cm, ketebalan 0.3 mm, dan panjang 1.2 hingga 12 m. Dikarenakan bobot dari genteng tersebut lebih ringan, maka pemasangannya pun membutuhkan sebuah sekrup agar tak mudah terbawa oleh angin.

Kelebihan dari penggunaan genteng metal ini adalah proses pemasangannya yang mudah dan juga cepat, hemat material karena ukurannya yang lebih lebar, dilapisi dengan bahan anti karat, menggunakan bahan anti pecah, sehingga sangat aman sekali dari kebocoran, dan juga dilapisi dengan bahan anti lumut, jadi Anda pun tak perlu khawatir lagi untuk mengecat ulang yang pastinya butuh biaya tambahan. Kelemahan dari penggunaan genteng metal tersebut adalah pada waktu proses pemasangannya harus tetap rapi, jika tidak rapi, maka akan dapat mengurangi keindahan rumah tinggal Anda.

Genteng kaca

Genteng kaca ini umumnya hanya akan dipergunakan untuk bagian-bagian tertentu saja, jika memang menginginkan penerangan yang alami, maka Anda dapat menggunakan genteng kaca tersebut pada ruangan yang Anda inginkan. Kelebihan dari penggunaan genteng kaca ini diantaranya mampu memberikan pencahayaan alami dan juga kaca memiliki kesan modern, sehingga sangat cocok sekali buat Anda yang suka dengan rumah gaya modern dan minimalis. Kelemahan dari penggunaan genteng kacanya adalah mudah sekali pecah serta penggunaan yang berlebih akan dapat meningkatkan suhu pada ruangan di bawahnya.

Demikianlah berbagai pilihan genteng yang ringan dan anti bocor yang bisa kami informaikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply