Cara Agar Air Hujan Tidak Masuk ke Rumah

Pada saat menjelang akhir tahun, musim penghujan sudah mulai datang kembali. Dan yang demikian ini akan memunculkan ketakutan akan terjadinya banjir di benak Anda. Apalagi buat Anda yang tinggal di kota-kota besar dengan daerah rawan banjir. Akan tetapi tak perlu khawatir lagi, sebab ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi datangnya banjir atau pun agar air hujan yang turun nantinya tidak masuk ke rumah Anda.

Cara agar air hujan tidak masuk ke rumah

Biopori dan sumur resapan

Salah satu hal yang jadi penyebab banjir atau air hujan masuk ke rumah adalah air permukaan yang tak bisa meresap ke tanah. Untuk memudahkan peresapannya, Anda dapat membuat sumur resapan dan juga biopori di rumah. Biopori ini merupakan lubang kecil yang telah dibuat di tanah dengan tujuan utnuk mempercepat proses peresapan air. Untuk membuat sebuah lubang kecil tersebut, sudah tersedia alat bantu yang bisa Anda beli di pasaran. Alat tersebut bentuknya seperti bor tanah.

Menguruk tanah

Apabila memang lahan yang ada pada rumah tinggal Anda lebih rendah dari permukaan jalanan, maka Anda bisa menguruk tanah yang ada di sekeliling rumah. Akan tetapi, Anda juga harus bisa mempertimbangkan level lantai pada rumah Anda. Apabila Anda memang tidak ingin timbun semua halaman rumah, maka Anda bisa membuat sebuah tanggul yang mengelilingi perbatasan perkarangan rumah. Dengan sekeliling yang dibuat lebih tinggi seperti ini maka air hujan akan lebih sulit untuk bisa masuk ke dalam rumah Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan akses masuk kendaraan ke rumah Anda.

Meninggikan lantai rumah

Meninggikan lantai pada rumah tinggal Anda ini merupakan salah satu pilihan yang pastinya akan membutuhkan biaya serta usaha yang cukup besar. Anda di sini harus lebih cermat lagi untuk memikirkan hal-hal seperti utilitas di bawah lantai, tinggi plafon, level ruang luar, dan rumah, serta peletakan jendela maupun pintu rumah.

Bersihkan rumah secara rutin

Rumah tinggal Anda bersih bukan berarti sudah bisa dikatakan bebas dari banjir atau pun dari air hujan yang akan masuk ke dalam rumah tinggal Anda. Setidaknya bisa meminimalisir debu maupun kotoran pada lantai rumah yang bisa sebabkan berbagai infeksi serta penyakit kulit. Meskipun banjir akibat hujan deras juga membawa banyak sampah maupun  kotoran dari luar, setidaknya tak akan ditambah dengan kotoran dari dalam rumah Anda sendiri.

Cek saluran pembuangan

Silakan Anda periksa saluran pembuangan air di rumah Anda, apa macet atau pun tersumbat, sehingga bisa menghambat pembuangan air di rumah. Apabila banjir akibat air hujan yang deras tersebut melanda, coba untuk menutup rata saluran tersebut untuk dapat mengurangi volume air yang telah menggenang di rumah. Walaupun air juga bisa merembes lewat tembok dan juga permukaan tanah, setidaknya dengan cara ini akan dapat meminimalisir resiko terjadinya banjir atau air hujan masuk ke rumah. Anda juga bisa membuat penahan untuk mengurangi resiko air hujan masuk ke rumah.

Itulah tadi beberapa cara agar air hujan tidak masuk ke rumah yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan jadi inspirasi terbaik Anda untuk atasi air masuk ke dalam rumah.

Leave a Reply