Cara Aman Bangun Rumah di Tikungan

Hook merupakan lahan yang ada di bagian sudut jalan atau tikungan. Tahukah Anda bahwa lahan yang seperti ini sebetulnya banyak sekali diincar oleh para pembeli propert. Begitu pun dengan rumah yang telah dibangun di lahan ini. Hal tersebut karena lahan hook tersebut diyakini mempunyai banyak sekali keuntungan yang sangat menjanjikan.

Membangun rumah di tikungan atau pada lahan hook ini umumnya mempunyai kelebihan ukuran, nantinya akan menambah nilai lahan itu sendiri. Selain hal itu, rumah yang ada di tikungan juga mempunyai sirkulasi udara yang bagus, sebab bersebelahan secara langsung dengan area jalan. Tidak akan berdekatan dengan bangunan rumah yang lain di salah satu sisinya. Tapi, walaupun demikian, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam membangun rumah di tikungan, ada cara amannya untuk bisa bangun rumah di tikungan ini. Mau tahu seperti apa caranya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara aman bangun rumah di tikungan

Tinggi dan pilihan pagar

Poin yang satu ini ada kaitannya juga dengan poin yang pertama. Sebab ada di persimpangan jalan, pagar rumah di tikungan atau di tanah hook tidak boleh sampai membatasi jarak pandang, sehingga pagarnya disarankan pendek saja, tak lebih dari 80 cm, serta tak mempunyai pondasi. Untuk ini ada baiknya Anda gunakan pagar besi atau pun pagar tanaman saja.

Faktor keamanan

Bisa jadi, resiko keamanan untuk rumah tinggal yang ada di tikungan ini lebih tinggi. Bayangkan saja, dengan kondisi pagar yang dibuat pendek, maka para pelaku perampokan nantinya akan lebih mudah untuk masuk ke dalam rumah. Selain hal tersebut, area tikungan ini umumnya juga rawan kecelakaan. Ini adalah salah satu sebab Anda tak boleh bangun rumah mepet dengan pembatas jalan.

Fasad dan pintu

Perhatikan juga pintu masuk utama rumah tinggal Anda akan diletakkan disebelah mana. Terkadang orang yang berpikiran untuk menjadikan 2 fasad secara sekaligus, sehingga bisa menghabiskan dana yang jauh lebih besar. Padahal yang seperti ini tidak ada salahnya, Anda buat fasad hanya pada salah satu bagian sisi. Dengan demikian, pembagian ruangannya pun akan jadi lebih mudah. Selain hal itu, Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan 1 pintu pagar untuk jenis rumah hook ini.

Privasi penghuni rumah

Dikarenakan ada di tepian jalan, sisi samping rumah tinggal Anda bisa dengan mudahnya tampak oleh orang yang sedang berlalu lalang. Biasanya orang dengan rumah di tikungan akan membuat jendela kecil yang ada di dinding atas. Bila Anda memang tetap berniat dengan model jendela yang agak besar, maka jangan lupa untuk menggunakan korden dengan kain blackout supaya tidak tembus pandang.

Penatan halaman serta carport

Sesuai dengan ketentuan GSB, GSJ, dan juga keamanan lingkungan, maka sangat disarankan sekali halaman rumah Anda tidak ditumbuhi pepohonan rimbun yang bisa sangat mengganggu pemandangan pengguna jalan. Silakan pilih tanaman perdu atau Anda juga bisa memilih pohon palem saja, sebab pohon yang satu ini tidak mempunyai cabang. Carport juga tak boleh diberikan kanopi dari beton, apalagi bila diatasnya hingga dibuat ruangan. Anda bisa menggunakan kanopi dengan bahan polikarbonat dengan rangka logam, sehingga tak perlu lagi menanam rangka beton.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara aman bangun rumah di tikungan yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply