Cara Bangun Pondasi Rumah Murah dan Kokoh

Cara bangun pondasi rumah murah ini tentunya akan bisa menghemat biaya dalam pendirian rumah tinggal Anda. Pondasi yang kuat dan kokoh dengan biaya yang rendah sebetulnya bisa diwujudkan hanya dengan beberapa langkah yang terencana dan juga terukur dengan sangat baik.

Pembuatan pondasi pada sebuah bangunan rumah ini adalah salah satu hal yang wajib untuk membuat hunian tinggal yang kokoh serta tidak mudah rusak, khususnya fungsi terpenting sebagai salah satu penompang bangunan rumah supaya tetap pada kondisi yang tetap. Pondasi rumah yang buruk dapat mengakibatkan bangunan rumah tinggal Anda jadi tak seimbang, umumnya mudah sekali dideteksi jika dinding rumahnya mudah retak dan tegel yang tak rata atau pun pecah-pecah.

Secara mendasar, pondasi rumah ini bisa dibedakan jadi 2 jenis, yakni pondasi dalam dan pondasi dangkal. Untuk pembangunan rumah tinggal yang sederhana dan minimalis, toko, pagar, maupun pos kampling, ada baiknya menggunakan jenis pondasi dangkal saja, karena tak terlalu butuh topangan kuat sebagaimana bangunan kantor yang bertingkat, atau pun sebuah gedung rumah sakit, jembatan, maupun bangunan industri. Kenali terlebih dulu kebutuhan akan pondasi rumah yang cocok dengan desain rumah tinggalnya, dengan demikian, bisa dipilih bahan bangunan  dengan kualitas yang sesuai.

Cara bangun pondasi rumah

Untuk pondasi rumah dangkal ini sering sekali disebut dengan pondasi memanjang atau pun pondasi jalur. Cara untuk membuat pondasi rumah dangkal ini tak cukup sulit seperti membuat pondasi cakar ayam, serta biaya pembuatan pondasi yang satu ini relatif murah, hal ini juga tergantung pada pilihan kualitas bahan bangunannya. Untuk proses penyusunan pondasi dangkal caranya adalah dengan menggali tanah kurang lebih sedalam 40 hingga 50 cm, lalu menata batuan kali di dalamnya beserta dengan adonan semen yang dicampur pasir, pondasi rumah bisa dibangun sampai 40 hingga 50 cm di atas permukaan tanah.

Untuk bisa menghemat pembuatan pondasi rumah ini ada baiknya mengganti batuan kalinya dengan batuan putih saja, jenis bagian putih ini bisa diambil dari batuan yang ada di bukit atau pun pegunungan. Kekuatannya pun juga cukup memadai, khususnya untuk keperluan pondasi rumah 1 lantai. Batuan putih tersebut juga cukup terjangkau bila dibandingkan dengan batuan kali. Masih kurang murah? Anda bisa membangun pondasi rumah ini dengan menggunakan batako atau pun susunan bata, akan tetapi pondasi dengan menggunakan batu bata dan batako ini tak sesuai untuk tanah yang mudah gerak, seperti halnya kaplingan bekas sawah atau pun ladang.

Langkah pertama untuk bangun pondasi rumah yang sederhana ini adalah penggambaran rancangan pondasi rumahnya, lalu diteruskan lagi dengan penggalian alur pondasinya sesuai dengan gambar yang telah dibuat. Siapkan saja batuan, semen, dan juga pasir, jika diperlukan siapkan juga besi lonjoran dan kawat sebagai berkisting kolom serta sloof. Ini nantinya akan berguna sekali sebagai penompang serta kerangka dasar rumah khususnya sebagai penguat tembok. Setelah proses penggalian selesai, maka kerangka besi serta kawatnya bisa ditata terlebih dulu, lalu ditimbun dengan menggunakan semen cor, diiringi dengan penataan batuan putih dan juga adonan pasir semen, sampai dengan ketinggian 50 cm.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang cara bangun pondasi rumah murah dan kokoh yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply