Cara Bangun Rumah Diatas Kios (Ruko)

Untuk bisa membangun rumah diatas kios (ruko) sebagai tempat usaha memang sudah jadi barang tentu Anda butuh perusahaan jasa bangun rumah diatas kios tersebut. Keberadaan arsitek tipe rumah yang seperti ini nantinya akan menentukan kualitas ruko yang akan dihasilkan.

Biasanya disamping jadi bagian dari tempat bisnis atau usaha, tak jarang pemiliknya sekaligus menjadikannya sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Ketersediaan rumah diatas kios yang akomodatif dan juga representative akan sangat diperlukan sekali. Salah satu cara untuk mewujudkannya adanya dengan menyewa jasa bangun rumah diatas kios atau ruko yang kompeten.

Cara bangun rumah diatas kios

Rumah diatas kios atau ruko ini mempunyai banyak sekali kegunaannya. Rumah tersebut bisa dijadikan sebagai tempat usaha, juga bisa dijadikan sebagai tempat tinggal yang nyaman. Rumah diatas kios ini bisa Anda jadikan juga sebagai gudang logistic. Apabila Anda memang ingin berinvestasi di dalam membagun rumah diatas kios tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pemilihan lokasi

Membangun rumah diatas kios atau ruko ini butuh perhitungan lokasi yang tepat atau strategis. Silakan Anda pilih lokasi yang mempunyai akses transportasi lancar, contohnya saja di sekitar pasar, kampus, terminal, sekolah, dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi yang tepat seperti ini juga akan sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pemilik rumah diatas kios tersebut.

Konstruksi bangunan

Rumah diatas kios yang baik adalah yang bisa memberikan kenyamanan, keamanan, dan juga tahan. Untuk bisa mendapatkan semua itu, ada baiknya rumah diatas kios Anda, dibangun lewat bantuan arsitek handal. Umumnya para arsitek ini mampu menerjemahkan apa yang Anda butuhkan, inginkan, dan juga imajinasikan rumah diatas kios atau ruko yang hendak dibangun.

Perijinan

Hal yang satu ini juga wajib Anda perhatikan, jangan sampai Anda dirikan rumah diatas kios atau ruko tersebut akan tetapi malah tidak mendapatkan legalitas dari Negara. IMB atau ijin mendirikan bangunan adalah bukti bahwasannya bangunan Anda tersebut diakui dan juga dilindungi oleh hukum yang sah.

Pengaturan jarak dengan jalan

Rumah diatas kios yang baik merupakan yang tak terlalu mepet dengan jalan raya. Jarak paling ideal adalah 5 meter. Jarak ideal ini mempunyai banyak sekali kegunaannya, seperti jadi tempat parkir, antisipasi genangan air dikarenakan banjir, dan antisipasi jika ada pelebaran jalan raya.

Perhitungan biaya bangun rumah diatas kios atau ruko

Sebelum Anda hubungi perusahaan jasa bangun rumah diatas kios atau ruko, ada baiknya mempelajari terlebih dulu beberapa hal yang ada kaitannya dengan cara penghitungan biaya untuk bangun rumah diatas kios tersebut. Cara untuk menghitung biayanya ada dua jenis, pertama biaya pembanguan dengan sistem per meter persegi, dan kedua adalah biaya pembangunan rumah diatas kios harga satuan. Kedua cara tersebut mempunyai cara yang hampir sama, hanya saja sedikit berbeda di dalam pembuatan rinciannya. Perhitungan cara yang kedua lebih detail dibandingkan dengan cara yang pertama. Jika Anda ingin menghitung biaya bangun rumah diatas kios dengan system per meter persegi, bisa dengan rumus ini “biaya bangun rumah diatas kios = luas lahan x jumlah lantai atau tingkat x standar biaya jasa bangun rumah diatas kios.

Demikianlah sekilas informasi tentang cara bangun rumah diatas kios (ruko) yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply