Cara Bangun Rumah Tingkat Anggaran 100jt

Membangun sebuah rumah tinggal memang bukanlah hal yang kecil atau mudah. Pastinya butuh dana yang tak sedikit, karena rumah merupakan tempat yang nantinya akan digunakan dalam jangka waktu panjang. Berbeda halnya dengan tempat kost yang hanya dapat dihuni perorangan saja, rumah ini berfungsi untuk tumbuh dan juga berkembangnya sebuah keluarga yang harmonis.

Hasil tabungan sebelum nikah atau pun setelah nikah pastinya tak banyak bagi pasangan suami istri yang baru saja membangun keluarga, dan uang sebesar Rp 100 juta rupiah, Rp 200 juta rupiah, atau pun Rp 300 juta rupiah ini pastinya dirasa sangat besar. Maka cara bangun rumah murah harus dipahami dengan baik.

Khususnya untuk pasangan yang baru saja menikah, keinginan besar pertama kalinya adalah memiliki rumah. Umumnya pasangan yang baru saja menikah masih belum memiliki modal banyak untuk bangun rumah. Untuk bangun rumah tingkat anggaran 100juta bukanlah dana yang besar, type rumah yang dapat dibangun dengan biaya tersebut adalah type 36. Biaya satu ini pastinya tak termasuk biaya beli lahan atau tanah. Dan berikut ini adalah informasi selengkapnya untuk cara bangun rumah tingkat anggaran 100jt.

Cara bangun rumah tingkat anggaran 100jt

Buatlah perencanaan yang matang

Silakan terlebih dulu buat perencanaan, perencanaan pertama ini adalah model atau pun desain rumahnya. Buat saja desain sesuai dengan keinginan Anda, khususnya untuk type 36 umumnya terdiri atas 2 buah kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 1 dapur.

Buatlah perhitungan kebutuhan

Setelah buat desain rumahnya, langkah selanjutnya adalah membuat perhitungan bahan yang dibutuhkan nantinya. Bila modal Rp 100 juta rupiah, maka perhitungannya seperti ini : Rp 50 juta rupiah untuk pasangan dan juga plester, beton Rp 9 juta rupiah, atan Rp 1 juta rupiah, kusen Rp 3 juta rupiah, langit-langit Rp 1 juta rupiah, lantai Rp 2 juta rupiah, drainase Rp 6 juta rupiah, listrik Rp 2 juta rupiah, pekerja Rp 7 juta rupiah, sisahnya untuk cat dan lain-lain.

Cari pekerja yang tepat

Dalam memilih pekerja yang tepat dapat menentukan cepat atau pun tidaknya proses pembangunan. Pilih pekerja yang dapat bekerja cenderung cepat serta terpercaya. Pastikan juga cara pembayaran pekerja, apa harian atau sistem borongan.

Mulai bangun dengan waktu yang tepat

Untuk membangun rumah tinggal juga harus melihat musim, saat musim kemarau jauh lebih baik bila dibandingkan di saat musim penghujan, sebab kualitas bangunannya akan lebih baik. Untuk itulah, rencanakan dan buat perhitungan yang tepat saat membangun rumah. Budget yang akan dikeluarkan untuk membangun rumah sebetulnya sangat bervariasi serta bergantung pada model rumah yang Anda inginkan. Untuk model rumah minimalis seperti ini cenderung mengeluarkan biaya yang sedikit.

Itulah tadi beberapa cara bangun rumah tingkat anggaran 100jt yang bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal Anda nantinya. Semoga bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply