Cara Beli Kavlingan dan Bangun Rumah Sendiri

Dalam menentukan tanah kavling yang nantinya akan Anda beli untuk bangun rumah sendiri sudah pasti tak semudah saat Anda membeli rumah atau pun properti yang lainnya. Kavling ini sifatnya mentah dan kosong, sehingga lebih cenderung membahayakan, prospek area tersebut ke depannya yang lebih baik.

Buat Anda yang berencana untuk menghemat anggaran, beli tanah kavling dan membangun sendiri rumahnya relative lebih murah daripada membeli di perumahan. Tantangannya adalah bagaimana cara Anda untuk bisa menemukan tanah yang propektif  yang akan digunakan untuk membangun sebuah rumah tinggal. 

Poin penting saat beli kavlingan dan bangun rumah sendiri

Cek terlebih dulu perkembangan lokasi

Lakukan penelitian secara mendalam tentang area tanah yang ingin Anda beli, sebab tak semua area mempunyai harga serta nilai kenaikan yang sama. Untuk bisa mendapatkan informasi akurat, Anda dapat bertanya langsung dengan broker atau pun makelar setempat sebelum mendapatkan kisaran harga yang sesuai. Jangan lupa juga untuk mengorek informasi sebanyak-banyaknya tentang status tanah yang sedang Anda incar, supaya Anda tidak terjebak dalam status sengketa tanah atau lahan.

Lalu, cek juga aksesibilitas dan juga jangkauan untuk menuju faslitas publick terdekat. Contohnya saja jarak dari lokasi menuju ke jalan raya atau jalan utama maupun akses lingkungan. Setelah itu, perhatikan juga kondisi sekitar tanah apa dikelilingi bangunan yang tinggi atau pun masih ada area yang kosong. Bila sudah, periksa rencana pengembangan infrastruktur seperti halnya pelebaran jalan maupun pembangunan jalan tol. Jangan sampai nantinya Anda harus tergusur akibat dari pembangunan jalan tol atau pun lahan Anda berkurang akibat dari pelebaran jalan.

Cari tahu biaya yang dikeluarkan

Biasanya biaya proses pembangunan rumah untuk per m2 adalah Rp 300 ribu rupiah. Akan tetapi, itu baru ongkosnya saja, Anda di sini juga perlu melakukan perhitungan secara rinci tentang biaya material bangunan yang terjadi peningkatan di setiap bulannya. Untuk itulah, siapkan anggaran yang matang supaya proses pembangunan rumah Anda nantinya selesai tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus ajukan ijin pembangunan kepada pemerintah setempat supaya proyek pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Siapkan faslitas yang diinginkan

Fasilitas wajib seperti halnya listrik, air, dan juga pembuangan limbah tentunya wajib terpasang pada rumah tinggal Anda nanti. Walaupun terkesan sepele, akan tetapi sebetulnya pemasangan instalasi tersebut tak memakan biaya sedikit. Belum lagi bila Anda juga ingin menambahkan fasilitas tambahan seperti rumput hijau atau pun taman dan instalasi smart home.

Minta bantuan jasa perencana bangunan

Apabila Anda memang tak begitu paham mengenai proses pembangunan rumah serta biaya total yang nantinya dibutuhkan, maka Anda akan membutuhkan bantuan dari perencaan bangunan atau pun konsultan kontraktor. Mereka nantinya akan membantu Anda dalam menentukan apa saja yang harus Anda siapkan dan juga berapa biata total secara matematis. Dengan demikian Anda nantinya juga tidak akan ditipu oleh kontraktor atau pun pekerja bangunan yang akan berbuat curang atau pun kurang berpengalaman.

Itulah cara beli kavlingan dan bangun rumah sendiri yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply