Cara Berkebun di Balkon Rumah

Semakin terbatasnya lahan yang telah tersedia dan juga jika tersedia pun maka harganya juga sangat mahal sekali. Oleh sebab itu, ada banyak para pengembang perumahan atau properti yang lebih memilih untuk membuat rumah susun, apartemen, atau pun kondominium  dengan sistem rumah vertical. Sehingga mau tidak mau tinggal pada rusun atau pun apartemen jadi pilihan terakhir dan terbaik untuk bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Untuk bisa mendapatkan sayur mayur yang sehat dan juga murah dari hasil kebun Anda sendiri, maka Anda masih bisa salurkan hobi berkebun Anda. Memberikan sumbangan udara segar dan bersih pada tempat tinggal Anda dengan cara mudah, yakni menanam tanaman dengan cara memanfaatkan balkon pada rumah. Tanaman yang bisa Anda tanamkan ada bermacam-macam, mulai dari sayuran, tanaman obat-obatan, atau pun tanaman hias yang cantik.

Akan tetapi di sini kami lebih merekomendasikan untuk menanam sayuran pada balkon rumah tinggal Anda. Mengapa demikian? Sebab sayuran merupakan salah satu jenis tanaman yang paling sering Anda konsumsi, sehingga juga bisa lebih menghemat pengeluaran anggaran belanja dan yang pasti juga bisa menjamin sayuran yang Anda konsumsi tersebut lebih sehat dan segar.

Cara berkebun di balkon rumah untuk tanaman sayur

  • Siapkan saja pot yang nantinya akan Anda pergunakan untuk menanam sayuran, pastikan juga pot yang Anda gunakan tersebut mempunyai lubang drainase pada bagian bawahnya.
  • Media tanam yang bisa Anda gunakan ada baiknya material bukanlah tanah liat. Anda bisa mengguankan sekam, perlit, clay, serbu gergaji, dan lain sebagainya.
  • Memasukkan batu kerikil pada bagian bawah pot dengan ketinggian kurang dari 1 cm, batu tersebut nantinya akan dapat meningkatkan aliran drainase untuk bisa mengeluarkan kelebihan air di dalam pot.
  • Bila sudah Anda bisa memasukkan media tanamnya ke dalam pot.
  • Buat┬álubang di bagian tengah potnya lalu tanamlah bibit sayuran yang Anda senangi atau sukai. Anda bisa melakukan proses pembenihan terlebih dulu dari biji sayurannya sebelum akhirnya melakukan penanaman di dalam pot.
  • Letakkan pot pada balkon dan juga susun supaya tampak lebih rapi dan juga cantik.
  • Siram tanaman Anda di setiap hari atau pun tergantung kebutuhan. Jika memang tanaman Anda ada di balkon rumah tinggal Anda yang tak beratap, maka Anda juga tidak perlu melakukan penyiraman pada saat musim penghujan.
  • Rawat tanaman Anda dengan penuh kasih sayang agar bisa tumbuh subur.
  • Dan yang terakhir, silakan Anda lakukan proses pemanenan di setiap kali sayuran Anda siap panen. Jangan pernah Anda membiarkan sayuran tersebut mengering, karena tidak dipanen pada waktunya masa panen.

Itu tadi sekilas informasi menarik yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang cara berkebun di balkon rumah tinggal yang tepat dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply