Cara Cerdas Bangun Rumah dengan Modal Terbatas

Sekarang ini memang sudah cukup banyak sekali dikembangkan perumahan yang siap huni. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang memiliki keinginan untuk membangun rumah sendiri. Alasannya sangat beragam, tetapi alasan yang paling banyak digunakan adalah dikarenakan mereka bisa mendesain rumahnya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Tapi, keinginan bangun rumah sendiri seringkali dihadapkan pada kendala dana. Harus Anda akui juga bahwa pembangunan rumah akan butuh dana yang besar, bukan berarti rumah nyaman dan bagus harus yang selalu mahal. Bila Anda tahu caranya, bangun rumah bagus berkualitas dengan biaya murah dapat diwujudkan dan yang demikian ini pastinya juga sangat cocok sekali untuk Anda yang memiliki modal terbatas untuk membangun rumah tinggal.

Bangun rumah dengan modal terbatas

Buatlah perencanaan bangunan

Untuk bangunan pastinya akan berpengaruh pada tingkatan kesulitan pembangunan serta kebutuhan bahan bangunan. Rumah bentuk persegi atau pun persegi panjang lebih cenderung mudah dibangun serta lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan rumah bentuk segitiga atau bersudut yang lain.

Melakukan riset harga bahan-bahan bangunan

Harga bahan-bahan bangunan jadi makin tinggi jadi salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan secara matang lagi. Nah, supaya kebutuhan dana untuk bahan-bahan bangunan ini dapat diperkirakan, maka Anda bisa melakukan riset mengenai harganya terlebih dulu. Tidak perlu ragu atau pun malu untuk keluar masuk tokok bangunan untuk menanyakan harga material yang Anda butuhkan.

Lebih selektif pilih juru bangunan

Bangun rumah sendiri bukan berarti juga mendirikan rumah tersebut sendiri, tapi butuh jasa juru bangunan atau pun tulang sebagai pelaksana pembangunan. Mengingat begitu pentingnya peranan tukang bangunan ini, tidak heran bila biaya untuk bayar jasanya bisa lebih besar. Oleh sebab itulah, Anda harus lebih selektif lagi di dalam memilih tukang bangunanya.

Pakai bahan-bahan bangunan lokal

Bahan-bahan berkualitas tidak harus mahal atau produksi luar negeri. Untuk hemat biaya atau untuk Anda yang memiliki modal terbatas dalam membangun rumah, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan bangunan  lokal, seperti bambu, kayu, dan lain-lain.

Buat ruangan multifungsi

Rumah tinggal yang mempunyai banyak ruang lebih cenderung memakan biaya yang cukup mahal, sebab butuh bahan-bahan bangunan yang lebih banyak lagi. Nah, untuk hematnya, buat ruangan yang multifungsi. Contohnya saja ruang tamu yang juga berguna sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatukan dengan ruang makan. Pembuatan ruang multifungsi ini sesuaikan juga dengan desain rumah tinggal Anda. Tak butuh banyak ruang, sehingga jadi lebih hemat di dalam penggunaan bahan-bahan bangunannya.

Demikianlah informasi tentang cara cerdas bangun rumah dengan modal terbatas. Semoga saja bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply