Cara Desain Taman untuk Halaman Samping yang Mungil

  Halaman rumah yang sempit atau mungil sering sekali menimbulkan galau, bagaimana ya caranya supaya ruangan mungil tersebut tampak cantik dan indah? Sejauh ini umumnya halaman yang ada di samping rumah tinggal justru jadi tempat menaruh beberapa barang-barang yang tidak digunakan. Jika memang tidak, hanya akan dihijaukan dengan rerumputan liar. Nah, untuk itulah, sekarang saatnya untuk membuat halaman samping yang mungil jadi sebuah taman yang indah nan cantik. Dalam membangun rumah, beberapa cara desain taman ini mungkin saja bisa jadi inspirasi sebelum Anda memulai merenovasi halaman samping.

Cara desain taman untuk halaman samping

Pijakan kaki

Ingat, untuk tetap memberikan pijakan kaki ini ya pada area jalan setapak di halaman samping yang mungil, sehingga nantinya akan memudahkan Anda untuk merawat tanaman serta memperbaiki bagian rumah sewaktu-waktu. Jalan setapak ini bisa terbuat dari batu, batako atau kerikil. Pastikan warna yang agak cerah, seperti abu-abu atau putih kapur. Agar suasana lebih terlihat berseri.

Variasi tanaman

Silakan Anda perbanyak variasi tanamannya, walaupun halaman samping rumah Anda hanya selebar 1/5 meter atau kurang. Jenisnya adalah tanaman perdu atau pun semak. Jangan pernah menanam pohon yang bisa tumbuh besar, kecuali bila Anda akan membuat bonsai. Untuk menjadikan kesannya lebih hijau, tanam dolar atau pun anggrek pada dinding.

Pilih rumput atau batu tanam?

Dikarenakan saat ini sudah ada banyak sekali aneka tanaman dan juga pijakan kaki, kemungkinan besar nantinya akan sangat sulit sekali untuk menempatkan batu hias serta rumput sekaligus. Silakan Anda pilih salah satu, toh keduanya sama-sama dapat menyerap air hujan dengan baik.

Tambahkan karya seni

Apabila Anda suka, silakan Anda letakkan patung atau pun karya estetis yang lainnya untuk menambahkan keindahan pada halaman samping rumah mungil Anda. Bisa juga dikasih replika atau tampang dari binatang piaraan. Seperti patung kelinci, bebek, ayam atau bahkan burung mungil.

Penataan tanaman

Pada halaman yang luas, Anda dapat menyusun tanaman sesuai dengan level ketinggiannya. Tapi pada halaman yang sempit atau mungil ini, tanaman hanya dapat disusun di tepian halaman dengan tidak banyak level. Jadi bisa mensiasatinya dengan menggunakan desain patah-patah. Atau lekukan dengan pembatas tanaman. Seperrti terlihat pada gambar disamping. Menjadikan taman lebih rapi dan tertata apik.

Lampu

Nah, untuk bisa memperindah dan sekaligus menjadi penerang yang baik pada halaman samping rumah tinggal Anda, silakan pasang lampu pada halaman tersebut. Bisa lampu spot atau pun lampu hias yang dipasangkan pada bagian dinding rumah.

Demikianlah tadi informasi tentang cara deasin taman untuk halaman samping yang mungil. Semoga bermanfaat, jangan lupa juga untuk tengkok artikel selanjutnya tentang Cara Membuat pagar Rumah Minimalis (55).

Leave a Reply