Cara Memilih Dinding Wallpaper Rumah

Menghias dinding dengan wallpaper kini kian digemari. Salah satunya munkin anda, yang kini sedang mencari-cari ide corak dan warna wallpaper. Pilihan memang begitu banyak, sehingga anda akan disibukkan dengan cara memilih salah satu yang pas. Pastikan gunakan waktu yang cukup,tidak perlu tergesa-gesa dalam memilihnya.

Dinding wallpaper rumah atau pun kertas dinding adalah hiasan dinding dengan berbagai macam motif serta warna. Kertas dinding ini dipergunakan untuk ubah tampilan suatu ruangan agar tampak lebih indah dan cantik serta memiliki nilai tambah. Benar sekali, dinding rumah yang polos lebih cenderung menjadikan penghuni rumahnya merasa bosan. Sebab tampilan dinding yang monoton, itu-itu saja.

Maka dari itu, mempunyai inisiatif desain dinding rumah dengan sebuah wallpaper jadi satu ide cemerlang yang harus dicoba. Dan berikut ini adalah cara memilih dinding wallpaper rumah yang harus Anda simak terlebih dulu.

Cara memilih dinding wallpaper rumah

Tentukan ruangan

Cara pertama adalah dengan menentukan ruangan yang nantinya akan dihiasi dengan wallpaper. Dalam menentukan ruangan satu ini sangat penting sekali sebab nanti ada kaitannya dengan jenis serta motif wallpaper yang harus Anda pilih. Hal tersebut dikarenakan beberapa ruangan memiliki karakteristi serta fungsi yang berbeda. Contohnya saja kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga.

Wallpaper kamar tidur ada baiknya dipilih yang bisa hadirkan suasana tenang, sementara itu untuk ruang tamu ada baiknya dipilih wallpaper yang lebih eksplorer.  Sementara untuk ruang keluarga, warna yang hangat dan penuh corak akan lebih pas dengan suasana.

Ukur luas ruangan

Luasan ruangan ini juga jadi salah satu faktor terpenting di dalam pemilihan motif wallpaper yang tepat. Contohnya saja pada ruang yang ukurannya kecil dapat menggunakan wallpaper garis horizontal untuk hadirkan kesan ruang lebih lapang dan luas. Jika luasan ruangannya memang cukup terbatas, Anda tidak dianjurkan memilih motif ukuran besar, sebab ini hanya akan menambah kesan sempit pada ruangan tersebut.

Disamping itu, luas juga akan membantu dalam hal kebutuhan wallpaper nanti. Karena biasanya dijual berdasar meteran. Dan harganya juga dihitung per meter. Sehingga untuk mendapatkan luas ruang anda cukup ukur panjang dan tingginya. Maka didapatlah luas ruang dalam bentuk meter persegi. Lakukan ini dulu sebelum anda ke toko wallpaper sehingga nanti tidak bolak balik karena harus ukur ulang.

Pilihan warna

Pada pemilihan warna dinding wallpaper ini secara tak langsung bisa berpengaruh pada perasaan penghuninya. Beberapa warna telah diketahui bisa bangkitkan semangat dan gairah, contohnya saja warna biru dan merah. Oleh sebab itu, selektif dalam memilih warna yang tepat. Kami sarankan agar Anda pilih warna dinding seperti gradasi warna biru atau hijau untuk dinding wallpaper pada rumah tinggal. Tapi, bila ini konsep klasik modern, Anda bisa memilih warna cokelat atau warna gelap yang lainnya.

Demikianlah beberapa cara memilih dinding wallpaper rumah yang tepat. Alternatif lain bagi Anda yang ingin mendesain ruang dapur pada luasan yang terbatas, berikut ini ada beberapa Tips Menata Desain Dapur Sempit Lebih Efektif  yang bisa Anda simak terlebih dulu.

Leave a Reply