Cara Memulai Bisnis Rumah Kost

Bisnis rumah kost merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan paling stabil di Indonesia, peluang dari bisnis satu ini sangat menjanjikan khususnya di perkotaan besar. Sebab ada banyak sekali arus masuk penduduk di setiap tahunnya, yang pastinya secara langsung akan mempengaruhi angka dari permintaan tempat tinggal.

Sementara itu, untuk bisa mendirikan sebuah tempat tinggal di perkotaan besar tersebut bukanlah hal yang mudah dan murah, umumnya harga lahan atau tanah di kota besar sangatlah mahal, sehingga akan membuat orang berpikir ulang untuk mendirikan rumahnya sendiri. Disinilah peluang bisnis rumah kos yang pastinya bisa jadi pilihan rumah tinggal dengan harga yang lebih terjangkau bagi para pendatang.

Dan untuk bisa memulai bisnis rumah kost ini pastinya juga ada beberapa aspek yang wajib Anda siapkan dan pertimbangkan. 

Cara memulai bisnis rumah kost

Lokasi

Penentuan lokasi atau tempat ini merupakan langkah awal yang wajib Anda lakukan di dalam memulai bisnis rumah kost, sebab lokasi tersebut dipilih sesuai dengan segmen target pasar Anda. Misalnya saja, bila Anda memang mentargetkan mahasiswa, maka pilihan lokasi yang tepat adanya di dekat kampus.

Jaminan kenyamanan, keamanan, dan kebersihan

Persaingan memang umumnya terjadi di setiap bisnis, tak terkecuali untuk bisnis rumah kost satu ini. Jika di sekitar tempat Anda ingin dirikan rumah kost tersebut sudah banyak berdiri rumah kost dengan fasilitas yang sama dengan milik Anda, maka jaminan kenyamanan, keamanan, dan juga kebersihan ini bisa jadi nilai plus untuk rumah kost Anda. Kenyamanan rumah kos adalah hal yang paling penting, bisa dilihat dari pencahayaan, ukuran ruangan, dan sirkulasi udara.

Harga

Dalam hal menentukan harga juga menjadi salah satu hal yang paling sulit, sebab beda tempat umumnya beda juga harganya. Harga tersebut dapat bergantung dari fasilitas apa yang diberikan dan jarak kost ke kampus atau kantor juga akan sangat berpengaruh. Makin lengkap fasilitasnya dan makin strategis lokasinya maka akan makin mahal pula harga sewa kost tersebut.

Berikan layanan tambahan

Menyediakan layanan tambahan ini juga bisa jadi nilai tambah untuk rumah kost Anda nantinya. Layanan seperti akses free wifi 24 jam, pastinya akan sangat menarik perhatian dari para penghuni kos, khususnya jika penghuni kostnya adalah mahasiswa. Dan bila penghuni kost Anda adalah karyawan, maka layanan cuci baju atau laundry juga bisa jadi pilihan menarik. Sebab umumnya mereka sudah lelah saat pulang bekerja dan tak sempat lagi untuk mencuci pakaian, maka layanan laundry ini nantinya akan sangat membantu mereka. Ini juga bisa jadi sumber penghasilan tambahan bagi Anda.

Akses

Kemudahan akses khususnya transportasi juga memiliki peranan yang cukup penting. Ini nantinya akan lebih memudahkan penghuni kost Anda untuk pergi kemana-mana tanpa takut alami kesulitan saat mencari kendaraan umum.

Fasilitas

Fasilitas ini juga sangat pentin, tergantung dari lokasi serta target pasar Anda. Jika Anda memang mentargetkan mahasiswa, maka Anda bisa menerapkan fasilitas standar untuk tekan biaya sewa kost. Tapi, jika Anda mentargetkan karyawan, maka Anda bisa menambahkan fasilitas AC dan kamar mandi dalam, agar menjadikan mereka lebih nyaman.

Demikian informasi tentang cara memulai bisnis rumah kost yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply