Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

Sebelum mendirikan rumah anda tentunya harus menghitung biaya bangun rumah dengan cermat. Jika harga bahan bangunan sudah dicek dan biaya jasa kontraktor sudah diketahui, akan sangat membantu langkah membangun rumah sendiri. Cara lain untuk mengetahui berapa uang yang harus anda persiapkan untuk pembangunan adalah dengan mengetahui tarif tukang bangunan. Baik tarif per hari atau harga borongan. Dengan langkah ini cara menghitung biaya bangun rumah sendiri jadi lebih mudah.

Untuk Anda yang hendak membangun rumah sendiri dengan gaya minimalis, maka Anda harus tahu terlebih dulu perkiraan biaya pembangunannya. Perhitungan biaya pembangunan rumah ini umumnya orang mengalami banyak kesulitan dan kebingunan. Sebab, biaya untuk membangun rumah sendiri dengan gaya minimalis tergolong susah diprediksi. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara menghitung perkiraan biaya bangun rumah sendiri. 

Cara mengetahui biaya bangun rumah sendiri : Rumah minimalis

  • Tetapkan tipe rumah yang akan dibangun

Rumah gaya minimalis ini memang mempunyai banyak tipe, pastinya di setiap tipe mempunyai biaya yang berbeda-beda. Apa saja tipe yang ada harus dipikirkan, mulai dari luas tanah yang ada dan kebutuhan luas ruang yang dibutuhkan keluarga

  • Hitung satu per satu kebutuhan rumah

Untuk bisa mendapatkan biaya secara detail, maka Anda harus lakukan perhitungan satu per satu dari setiap kebutuhan rumah tinggal Anda. Kebutuhan rumah yang dimaksud ini seperti spesifikasi bahan bangunan atau pun material yang akan dipergunakan, aksesoris, serta perlengkapan rumah dan lain-lain.

  • Analisa harga satuan biaya bangun rumah

Untuk masing-masing item dalam pembangunan rumah nantinya bisa dihitung volumenya berdasar gambar bangunan yang sudah dibuat disertai dengan ukurannya. Bila sudah, hitung juga harga satuan pekerjaan yang nantinya diakhiri dengan cara mengalihkan volume X harga satuan = harga item pekerjaannya. Contohnya saja untuk item pekerjaan untuk pasang batu kali, Anda dapat hitung volumenya sekitar 10 m3 dengan harga per satuan Rp 400 ribu rupiah, nah dari sinilah Anda akan dapat mengetahui biaya pekerjaan pasang batu kali ini adalah 10 m3 x Rp 400.000,00 = Rp 4.000.000,00.

  • Hitungan kasar biaya bangun rumah 2 lantai

Adapun biaya keseluruhan rata-rata untuk bangun rumah tersebut minimal Rp 165 juta rupiah. Tapi, bila Anda ingin bangun rumah 2 lantai dengan tipe 60, maka Anda nantinya butuh siapan anggaran sekitar Rp 300 juta rupiah atau Rp 400 juta rupiah.

  • Hitungan kasar biaya bangun rumah tipe 36

Jika Anda ingin bangun rumah sendiri dengan gaya minimalis tipe 36 ini, maka Anda dapat membangunnya dengan biaya Rp 50 juta rupiah. Tapi bila Anda ingin membangun rumah 2 lantai, maka Anda harus siapkan uang minimal Rp 90 juta rupiah. Tapi, dikarenakan tipe 36 untuk hunian tinggal ini cukup kecil, sehingga Anda harus lebih pandai lagi dalam melakukan penataannya.

Demikianlah informasi tentang cara menghitung biaya bangun rumah sendiri yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

No Responses

Leave a Reply