Cara Merawat Cat Rumah Tetap Awet

Cat rumah dengan warna yang cepat pudar pastinya bukan merupakan suatu hal yang menyenangkan sebab itu artinya Anda harus mengecat ulang setiap kali warna cat rumah Anda sudah tak enak dipandang mata. Sebetulnya ada beberapa cara merawat cat rumah tetap awet, yang pastinya dengan perawatan yang dilakukan secara berkala. 

Cara merawat cat rumah tetap awet

Bersihkan bagian permukaan dinding

Cara ini bisa Anda lakuan dengan memakai kain lembut yang telah diberikan sedikit air serta sabun dengan formula yang cukup aman. Bila ada noda atau pun coretan hitam yang menempel di bagian dinding, maka Anda bisa menggunakan penghapus khusus yang bisa hilangkan noda pada dinding tersebut.

Perbaiki area dinding yang alami kerusakan

Bila area dinding pada rumah tinggal Anda juga terdapat beberapa kerusakan, seperti halnya adanya goresan besar atau pun lubang yang besar, hal yang wajib Anda lakukan adalah dengan memperbaikinya sesegera mungkin. Bila kerusakan permukaan dindingnya masih dapat Anda perbaiki sendiri, maka segera perbaiki dengan cara menggunakan peralatan yang memadai. Tapi, bila sekiranya kerusakan tak dapat diperbaiki sendiri, sebaiknya meminta bantuan seorang tukang yang professional untuk atasi masalah kerusakan di dinding. Kerusakan di dinding dan cara perbaikinya pasti saja tergantung pada tekstur dinding atau permukaan dindingnya halus, licin, atau pun agak kasar.

Serasikan cat dan permukaan dinding

Pada saat Anda ingin lapisi bagian permukaan cat dengan menggunakan cat baru, pastinya Anda tak dapat langsung mengaplikasikan cat yang baru tanpa harus melakukan persiapan terlebih dulu. Lihatlah warna cat lama Anda lalu pilihlah warna untuk lapisi bagian permukaan dindingnya yang pasti serasi sehingga penampilannya tidak tampak dilapisi ulang. Tapi, apabila warna cat lama sudah sangat memudar, silakan pilih warna cat yang mempunyai karakteristik tebal untuk bisa menutupi warna cat lama yang sudah memudar. Untuk pelapisan yang terbaik, pilih cat yang berbahan dasar air yang umumnya tanah lama.

Pakai primer sebelum cat dinding

Apabila Anda ingin cat area baru di rumah Anda, sebelum aplikasikan cat warna di dinding, ada baiknya bila Anda oleskan terlebih dulu primer. Primer ini berguna untuk menjadikan lapisan cat bisa bertahan lebih lama dan juga tidak mudah mengelupas. Selain hal itu, juga bisa menjadikan permukaan dinding lebih lembut.

Jangan cat di atas permukaan dinding basah

Warna cat ini nantinya tidak akan bisa menempel sempurna bila bagian permukaan dindingnya basah. Sehingga Anda harus lebih dulu menunggu kering setelah itu bersihkan dindingnya. Dan pastikan Anda melakukan pengecatan pada rumah tinggal Anda tersebut tidak pada saat musim penghujan, karena pastinya dinding akan lama mengering.

Kami sarankan pada saat Anda akan mengaplikasikan cat rumah ini jangan pernah ragu untuk memilih warna cat rumah yang cerah, agar nantinya tampilan rumah tinggal Anda tampak lebih ceria dan indah. Demikianlah cara merawat cat rumah tetap awet dan tahan lama. Bila semua dinding rumah Anda sudah diwarnai dengan sempurna, maka pastikan membersihkannya secara berkala.

Leave a Reply