Cara Merawat Sofa Agar Awet

cleaning a leather sofa

Sofa memang memiliki nilai tersendiri di dalam menentukan kesan pertama dari rumah tinggal nantinya, baik itu rumah yang minimalis, modern, megah, mewah, dan juga besar, bahkan juga sederhana. Selain hal tersebut, sofa juga memiliki nilai jual beli yang terbilang masih cukup mahal.

Oleh sebab itulah, Anda di sini harus benar-benar merawat sofa Anda supaya nantinya sofa Anda lebih awet dan pastinya tahan lebih lama.

Lantas, bagaimana cara merawat sofa agar awet?

Bentuk dan juga ukuran sofa ini ada bermacam-macam, jadi apabila Anda salah peletakkan sofa tersebut maka  bisa dipastikan akan menjadikan sofa lebih mudah kotor dan juga cepat rusak. Seperti halnya dengan sofa yang berjenis kulit, apabila sofanya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, maka sofa kulit ini nanti akan pecah kulitnya. Dan berikut ini adalah cara merawat sofa agar awet yang bisa dicoba.

Hindari paparan yang timbulkan panas secara langsung

Paparan langsung seperti ini dari sinar matahari, selain hal tersebut ada juga yang bisa menimbulkan paparan panas seperti halnya radiator. Jadi, buat Anda yang memiliki sofa dengan jenis kulit, usahakan untuk menghindarkan dari paparan sinar matahari dan radiator sebab akan timbulkan kering serta pecah pada sofa kulit tersebut.

Usahakan jangan duduk disatu tempat yang sama

Yang dimaksudkan di sini adalah apabila Anda duduk pada satu tempat dibagian sofa tertentu, contohnya saja dibagian kanan, maka usahakan jangan yang terlalu sering duduk disatu tempat yang sama. Hal yang demikian ini bertujuan supaya sofa Anda tetap terlihat baik. Dan usahakan juga posisi penempatan bantalan sofanya diatur secara teratur, dapat diputar atau pun mengganti posisinya.

Bersihkan sofa secara teratur dan berkala

Dalam membersihkan sofa secara teratur dan juga berkala adalah suatu kewajiban yang nantinya harus dilakukan agar sofa Anda bisa tahan lebih lama. Membersihkan sofa sangat penting dan perlu sebab keringat bisa saja menimbulkan berbagai macam noda, air, dan garam serta lemak yang nantinya akan menumpuk apabila tidak segera dibersihkan. Anda bisa menggunakan kain basah, kemudian gosokkan pada bagian yang terkena keringat dari sentuhan tangan, jari, dan kepala.

Cara merawat sofa berbagai cover

Pembersihan sofa ini juga wajib Anda perhatikan dengan benar, jenisnya atau bisa disebut dengan bahan dari cover sofa. Jadi, membersihkan sofa juga harus tahu bahan covernya. Selain hal itu, supaya sofanya awet dan juga tahan lama, minimal tiap 5 tahun sekali harus diganti covernya. Dan di bawah ini ada bermacam-macam cover sofa Anda.

  • Sofa dengan bahan katun, maka untuk membersihkannya Anda hanya cukup memakai air atau pun bisa dengan cara disetrika.
  • Sofa dengan bahan polyster yang wajib Anda perhatikan dan juga pastikan di sini adalah tak boleh sampai terkena air. Maka untuk dapat membersihkannya Anda dapat menggunakan dry cleaning.
  • Sofa dengan bahan sutra atau silk maupun woll, maka untuk membersihkannya Anda cukup menggunakan dry cleaning.
  • Sofa dengan bahan kulit, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain penutup atau yang biasanya disebut dengan slipcover. Dan jangan membersihkan sofa berjenis kulit dengan meggunakan bahan pembersih kimiawi. Hal yang demikian ini bisa menjadikan warna serta permukaan kuli sofanya alan alami abrasi.

Demikianlah informasi tentang cara merawat sofa agar awet yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply