Cara Mudah Memasang TV di Dinding dengan/tanpa Beli Bracket

pasang TV di dinding dengan bracket

Memasang TV pada dinding akan menghemat ruang. Dengan bracket tampilan ruang keluarga juga semakin cantik. Adapun cara memasang bracket ini tergolong mudah. Cukup dengan peralatan sederhana seperti bor, obeng dan palu anda siap pasang TV pada dinding dengan cepat.

Cara memasang tv bracket pada dinding

Alat memasang bracket tv

Siapkan bahan bahan dan peralatan yang diperlukan, dalam tiap bungkus bracket yang dibeli biasanya sudah terdapat lengkap apa saja yang anda butuhkan. Tinggal keluarkan dari dos dan kumpulkan. Periksa baik-baik bahan apa saja yang perlu, karena biasanya banyak tipe baut dan mur disertakan untuk berbagai tipe dinding rumah anda. Dinding kayu dan dinding beton perlu paku atau mur yang berbeda supaya bracket tv dapat terpasang dengan kuat dan kokoh.

Berikut alat yang anda perlukan untuk pasang bracketnya :

  • Obeng obeng
  • Sekrup
  • Palu
  • Bor
  • Waterpas
  • Pensil
  • Penggaris

Jika tv besar maka lebih baik tv anda pasang berdua. Ini akan lebih  mudah dan cepat pemasangannya. Juga lebih aman karena tv bisa saja jatuh saat dia sedang dipasang.

Perlu diingat bahwa jenis dan tipe bracket tv itu bermacam-macam. Ada yg tipe silinder, tipe strip. Punya suspensi, berjenis statis dan juga fleksibel. Tentukan sesuai kebutuhan anda. Ada untung dan ruginya. Juga dari harga akan sangat berbeda.

Pada gambaran langkah pemasangan bracket berikut dilakukan secara umum, dengan tipe bracket 2 sistem jenis strip/plat. Seperti terlihat pada gambar.

1.Pasang bingkai braket dinding ke TV

Pasang bagain strip/plat braket di TV

Perlu diketahui bahwasanya ada dua bagian bracket. Satu yang dipasang di dinding dan satunya lagi dipasang pada bagian TV. Untuk pertama kali baiknya anda pasang yang untuk di TV terlebih dahulu.

Letakkan layar menghadap ke bawah pada permukaan yang lembut dan stabil. Gunakan kain atau kertas tebal saat meletakkan TV di lantai atau di atas meja. Ini untuk menjaga agar layar tv tidak rusak. Pilih baut yang benar dari braket dinding dan pasang strip atau pelat antarmuka ke TV Anda. Pastikan strip atau cakram tidak menonjol di atas, di bawah, atau di samping TV setelah dipasang.

2.Tentukan dimana tv dipasang

Lubang yang harus dipasang mur dan baut

Tandai lubang sekrup di dinding. Untuk ketinggian yang ideal, letakkan TV sehingga pandangan mata jatuh pada posisi yang nyaman saat anda duduk di sofa. Karena TV lebih besar dari pada braket, setelah terpasang nanti mungkin hasilnya tv lebih tinggi atau lebih rendah yang ada dalam pikiran Anda.

Sehingga cara mudah untuk menentukan ketinggian yang tepat adalah menempatkan braket di TV. Kemudian Anda mengukur jarak antara lubang sekrup dan bagian bawah TV. Gambarlah jarak ini di bawah lubang sekrup dinding sehingga anda  tahu persis posisi TV yang terpasang di dinding.

3. Pasang sistem bracket ke dinding

Tipe bracket tv fleksibel. bisa ditarik,majukan dan geser ke samping

Jika tingkat ketinggian dan posisi tv dipasang sudah diketahui, maka periksa juga apa sudah lurus. Gunakan waterpas untuk memeriksa dengan pasti. Pakai penggaris dan potlot untuk menandai lubang tv. Ukur posisi lubang tv dan lakukan pengukuran di dinding dengan ukuran ini. (lihat posisi lubang baut di gambar)

Selanjutnya gunakan bor untuk membuat lubang sesuai ukuran. jika anda tidak ingin menggunakan bor berarti harus dipasang pada dinding kayu. Memasang tv di dinding tanpa bor memang sering dipilih, karena faktor kesulitan melakukannya. Namun begitu dengan bor yang benar maka hasil akan lebih baik.

Jenis bracket Tv statis/tetap

Pastikan sebelum sekrup di pasang, masukkan plug agar daya tahan sekrup semakin kuat. Untuk memang sekrup jangan pakai mesin, tapi pakailah obeng atau drei dengan diputar perlahan. Agar plug dan tembok tidak rusak. Karena kalau mesin, putaran sekrup sangat kencang sehingga mengakibatkan tembok rusak.

4. Pasang TV dengan bingkai pada sistem braket

Angkat televisi dan bawa ke dinding. Bergantung pada sistem pemasangan, pasang TV ke braket dinding. Apakah Anda memiliki braket dinding dengan strip? Jika demikian gantungkan televisi dengan strip di braket. Dengan beberapa sistem, Anda akan mendengar bunyi klik begitu televisi terpasang. Pastikan dengan mencoba menggeser dan tarik, apakah tv sudah terpasang dengan baik, kuat dan sesuai perhitungan awal.

Cara mudah memasang TV di dinding tanpa beli bracket

Bagi anda yang tidak ingin membeli bracket yang sudah jadi, apapun itu alasanya. bracket khusus TV, LED, LCD, atau plasma yang dijual dengan harga yang memang lumayan. Membuat braket sendiri juga suatu pilihan. Disamping hemat biaya, braket buatan sendiri akan sesuai dengan kebutuhan. Panjang dan pendek bisa diatur, bahan juga bisa dipilih yang kuat dan tahan lama.

Pada prinsipnya anda hanya perlu dua komponen, seperti gambaran pada artike diatas. Yaitu strip/plat untuk di tv dan strip untuk dinding.

Untuk plat besinya, Anda bisa menyediakan plat besi sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja dengan menggunakan engsel pintu bekas, bongkar saja engsel pintu bekas tersebut supaya terpisah jadi dua bagian dengan cara dicukil bagian ujung poros engselnya. Di sinilah Anda bisa langsung pasangkan TV dan gantung di dinding, bila Anda ingin tampilan yang lebih rapi, walaupun nantinya tak akan tampak karena posisinya ada di belakang layar, Anda dapat memotong kuping engsel pintu dengan menggunakan gergaji besi.

Langkah yang selanjutnya adalah pasangkan saja plat besi tadi ke tempat yang tersedia, pada TV yang dijadikan sebagai bahan percobaan kali ini tersedia 4 lubang untuk bisa mengikat bracket akan tetapi dikarenakan Anda nantinya menggunakan bracket buatan sendiri, maka hanya ada dua lubang baut di bagian atas saja yang digunakan. Pamasangan plat besi pada bodi TV ini bisa menggunakan baut sekrup sebab pada lubang yang disediakan tak ada ulir di dalamnya, hal yang demikian ini mungkin saja akan berbeda, tergantung dari merek TV yang Anda miliki.

Jadi, pastikan Anda juga memeriksa dengan baik lubang tempat bracket di TV Anda, apa ada ulir di dalamnya, dan juga baut ukuran berapa yang diperlukan untuk dapat mengikat bracket. Bila plat sudah terpasang cukup kuat pada bodi TV, maka langkah yang selanjutnya adalah Anda tinggal buat gantungan di tembok atau dinding dengan menggunakan paku, atau bisa menggunakan dynabolt, fischer tanam atau pun semacamnya, akan tetapi pastinya Anda juga butuh bor untuk memasangnya. Apapun yang Anda pergunakan, pastikan akan tertancap kuat dan juga tidak goyang supaya TV Anda bisa menggantung pada tembok dengan aman dan mantap.

Demikianlah informasi tentang cara mudah memasang TV di dinding. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply