Cara Robohkan Bangunan Tua Bertingkat yang Benar

Kondisi bangunan yang sebelumnya kuat dan juga kokoh, lama-lama akan jadi lapuk. Apabila dipaksa untuk terus digunakan, maka bangunan tua bertingkat tersebut pastinya akan membahayakan para penghuni sebab sewaktu-waktu dapat saja roboh.

Apabila dibandingkan dengan merawat bangunan bertingkat yang sudah berusia cukup tua, merobohkan bangunan tua tesebut kemudian menggantinya dengan bangunan baru pastinya jauh lebih bijak. Biaya yang harus Anda keluarkan pun juga bisa lebih hemat, apalagi bangunan tua bertingkat tersebut yang sebenarnya sudah tak layak pakai.

Lantas, bagaimana cara yang tepat dan benar untuk merobohkan suatu gedung atau pun bangunan tua bertingkat yang bisa dilakukan? Di bawah ini adalah beberapa cara paling mudah untuk merobohkan bangunan tua bertingkat yang sering sekali diterapkan.

Cara robohkan bangunan tua bertingkat

Twinkle toss excavator

Proses dari perobohan sebuah bangunan tua bertingkat yang paling sederhana bisa dikerjakan dengan cara menggunakan excavator. Akan tetapi bukan excavator yang digunakan, excavator yang digunakan untuk merobohkan bangunan tua bertingkat tersebut seperti twinkle toss excavator. Excavator ini memiliki ukuran yang tinggi dan juga besar, serta memiliki semacam tangan yang panjang. Prosesnya dapat dimulai dengan cara meruntuhkan satu per satu lantai bangunannya dari lantai yang paling atas sendiri.

Wrecking ball

Khususnya untuk Anda yang sudah pernah menonton film kartun “Hey Arnold” tentunya Anda akan langsung paham betul dengan wujud dari alat berat satu ini. Ya, wrecking ball adalah salah satu mesin yang telah dilengkapi dengan adanya bola bertali. Prinsip kerjanya adalah bola dari baja tersebut diayunkan tepat ke bangunan yang akan dihancurkan. Teknik perobohan yang satu ini sudah ditemukan sejak tahun 1955 yang lalu.

Ledakan

Bangunan tua bertingkat juga dapat dirobohkan dengan cara diledakkan secara sengaja. Bahan peledak yang sering sekali digunakan adalah dinamit atau pun TNT. Metode yang satu ini sanggup robohkan bangunan yang mulanya berdiri kokoh dengn tempo yang lebih cepat. Kekurangan dari metode tersebut malah ada pada lama waktu survey kondisi bangunan yang dapat mencapai lebih dari 6 bulan.

System hidrolik

Teknik dari penghancuran bangunan tua bertingkat dengan menggunakan system hidrolik ini biasanya dikendalikan oleh komputer khusus. Teknik tersebut diawali dengan cara memasangkan tiang hidrolik pada lantai dasar bangunannya yang nantinya akan berguna sekali untuk menyangga fisik gedung, kemudian berlanjut dengan menghancurkan lantai pada bagian bawah bangunan. Walaupun lantai bawahnya sudah roboh, tapi bangunan  tersebut tetap bisa berdiri sebab ditopang oleh tiang hidrolik.

Perobohan dua lantai

Salah satu metode merobohkan bangunan tua bertingkat yang paling modern dilaksanakan dengan cara menurunkan struktur lantai pada bagian atas ke bawah dengan cara bertahap. Struktur lantai ini nantinya diturunkan sebanyak dua lantai sekaligus hanya dalam waktu beberapa hari saja. Setelah ada di bawah, dua lantai tadi lalu dihancurkan. Kelebihan dari pengaplikasian metode yang satu ini adalah prosesnya yang jauh lebih bersih dari teknik yang sebelumnya, sebab bisa menekan sebaran debu hingga lebih dari 90 %.

Demikianlah informasi tentang cara robohkan bangunan tua bertingkat yang benar, yang bisa kami bagikan untuk Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply