Cara Sederhana Agar Rumah Tidak Terkena Banjir

Sebelum hujan deras turan banjir melanda, sepertinya mencegah akan jadi salah satu hal yang lebih baik sekali untuk Anda lakukan. Perlu Anda tahu ada banyak cara yang sering dilakukan untuk bisa menghindari banjir di rumah, contohnya saja dengan membangun rumah jadi bertingkat. Akan tetapi cara tersebut tidak memiliki efek yang positif, alhasil rumah Anda pun masih saja didatangi banjir.

Di perkotaan besar sering sekali dihebohkan dengan banjir yang terjadi di mana-mana. Bahkan daerah yang tadinya tidak terkena banjir, kini mulai ikut mengalaminya. Buat Anda yang mempunyai lantai rumah yang lebih rendah atau pun sejajar dengan jalanan pastinya tidak ingin ada genangan air masuk ke dalam rumah? Untuk itulah pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan sejumlah informasi menarik tentang cara agar rumah tidak terkena banjir yang sederhana dan mudah sekali diterapkan pada rumah tinggal Anda.

Cara sederhana agar rumah tidak terkena banjir

Buatlah biopori beserta sumur resapan air

Agar rumah tidak terkena banjir cara yang paling sederhana bisa Anda lakukan adalah dengan membuat biopori beserta dengan sumur resapan air. Sebab salah satu penyebab dari banjir ini adalah adanya air permukaan yang tak dapat meresap dengan sempurna ke dalam tanah. Nah, untuk bisa cegah terjadinya banjir serta mengatasinya, Anda bisa mengoptimalkan lahan yang terbuka di pekarangan rumah. Silakan pilih jenis erasan carport atau pun taman yang berluang supaya air masih bisa meresap dengan baik ke dalam tanah. Selain itu, Anda juga bisa membuat biopori serta sumur resapan untuk mempercepat proses resapan airnya. Biopori ini merupakan lubang-lubang yang kecil dan dibuat di tanah supaya nantinya air tidak menggenang di bagian permukaan. Untuk membuatnya sangat mudah sekali, sebab telah tersedia alat bantu yang bisa Anda dapatnya di pasaran. Alat tersebut adalah bor tanah.

Mengurug tanah di sekitar rumah

Masuknya air dapat disebabkan level rumah tinggal Anda lebih rendah dari jalanan. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurug tanah yang ada pada halaman rumah Anda tersebut, sehinga levelnya sama atau pun lebih tinggi bila dibanding dengan jalan yang ada. Cara lainnya Anda bisa membuat sebuah tanggul yang mengelilingi perbatasan pekarangan rumah. Untuk area carpot, tanggul ini bisa dibuat seperti sebuah gundukan kendaraan yang akan naik pada saat masuk dan kembali turun ketika sudah ada di halaman rumah.

Menjadikan lantai rumah jadi lebih tinggi

Membuat lantai depan rumah Anda jadi lebih tinggi seperti ini juga bisa jadi cara paling jitu pada saat kedua solusi sebelumnya tidak berhasil atasi banjir. Akan tetapi, pilihan ini perlu biaya dan juga usaha yang besar. Pada saat meninggikan lantai rumah Anda, maka akan ada banyak perubahan yang harus dilakukan. Mungkin saja yang demikian ini akan membuat lantai yang baru, setting ulang pintu serta jendela rumah Anda. 

Pembongkaran jaringan utilitas bawah lantai, serta penyesuaian ketinggian lantai dengan bagian taman rumah. Tapi, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu kepada pakar yang berpengalaman, sebab pelaksanaannya mirip sekali dengan renovasi rumah, baik dari segi waktu atau pun biaya.

Demikian tadi cara sederhana agar rumah tidak terkena banjir yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply