Cermati Sebelum Beli Tanah Kavling Murah Agar Tak Tertipu

Bisa jadi dengan alasan dana yang minim, tak bisa membeli rumah baru atau membangun rumah tinggal dalam waktu dekat menjadi faktor ketertarikan seseorang untuk membeli tanah kavling sebagai salah satu persiapan untuk membangun rumah di kemudian hari pada saat uangnya sudah mencukupi, atau pilih tanah kavling karena akan dijual untuk tujuan investasi.

Apapun tujuan beli tanah kavling tersebut, tentunya Anda ingin aman, harganya murah, dan juga tidak tertipu. Anda disarankan untuk lebih cermat sebelum beli tanah kavling tersebut, apalagi jika ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Sebagai referensinya, berikut ini ada cara membeli tanah kavling murah agar tidak tertipu yang bisa Anda simak terlebih dulu.

Cara beli tanah kavling murah agar tak tertipu

Prediksi kondisi masa depan

Anda perkirakan seperti apa kehidupan pada area tanah kavling yang nantinya akan dijual tersebut, apa semakin ramai dengan perekonomian tinggi, atau malah sebaliknya. Hal yang demikian ini bertujuan agar Anda tidak merasa rugi membeli tanah kavlingan tersebut.

Prediksi perencanaan waktu mulai pembangunan

Ini jika tujuan Anda membeli tanah kavling adalah berniat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dengan membangun sebuah rumah yang nyaman dan ini masih terkait pada poin pertama, apakah area sekitar mendukung kehidupan atau pun tidak, jika memang sekiranya semakin kondusif dan juga ramai, maka lanjutkan beli tanah kavlingannya untuk rumah tinggal di masa mendatang.

Kenali sejarah tanah kavling yang dijual

Ini penting sekali sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk memilih atau membeli tanah kavling, hindarilah tanah kavling yang mempunyai sejarah atau pun bekas seperti bekas tanah pemakaman, area pembuangan sampah atau limbah, dan area peribadatan.

Cari tanah datar dan posisi lebih tinggi

Yang demikian ini nantinya akan sangat menguntungkan Anda untuk membuat saluran air yang lancar, serta cegah potensi terkena banjir duluan. Jadi, hindarilah tanah kavling pada posisi terendah atau pun cekungan dan juga dengan kemiringan yang cukup tajam.

Kroscek apa ada fasilitas umum pendukung kehidupan

Silakan Anda beli tanah kavling yang dijual dengan memastikan ketersediaan fitur pendukung kehidupan yang baik, seperti adanya air bersih, sarana sosial, tersedia saranan ibadah, sarana pendidikan, dan juga tempat berobat.

Perhatikan kondisi jalan sampai depan tanah kavling

Pastikan si penjual tanah kavling ini juga sudah menyediakan akses jalan minimal muat mobil simpangan tanpa harus berhenti terlebih dulu karena harus bergantian atau sekitar 5 hingga 6 meter.

Beli tanah kavling dengan umur sedang

Yang dimaksud disini adalah jangan sampai Anda membeli tanah kavling yang terlalu muda sebab umumnya harganya lebih mahal atau terlalu lama yang biasanya tidak laku karena adanya faktor negatif lingkungan. Jadi belilah pada kondisi pertengahan supaya lebih tahu kualitas tanah kavling yang dijual.

Seleksi keabsahan sertifikat

Anda harus lebih cermat dalam hal masalah legalitas surat kepemilikan tanah atau lahan. Cek surat tanah tersebut dengan teliti serta lakukan kroscek ke pejabat setempat seperti RT atau RW, hingga BPN. Hindarilah beli tanah kavling yang masih di sengketan.

Demikianlah informasi tentang cermati sebelum beli tanah kavling murah agar tak tertipu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply