Daftar Biaya Tetap Pemilikan Rumah KPR

Biaya tetap pemilikan rumah dari KPR adalah kredit yang dipergunakan untuk membeli sebuah lahan atau rumah guna kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan yang berupa rumah. Dengan sekam pembiayaannya sampai 90 % dari harga rumah, sedangkan jaminan yang diperlukan untuk KPR ini sendiri adalah rumah yang bakal dibeli itu sendiri. Banyak bank yang sediakan pinjaman dana KPR seperti halnya KPR Mega Griya, KPR Panin, dan lain sebagainya. KPR ini sendiri adalah kategori kredit konsumtif, sehingga peruntukkan untuk KPR tersebut haruslah untuk kegiatan yang konsumtif serta tidak diperbolehkan untuk kegiatan produktif.

Buat Anda yang ingin beli rumah secara KPR, ada kabar baiknya yang harus Anda tahu terlebih dulu sehingga nantinya bisa jadi pertimbangan bagi Anda sendiri.

Pilihan KPR terbaik untuk jadi pertimbangan

Besarnya plafon kredit

Silakan Anda cari informasi berapa dana yang nantinya Anda butuhkan untuk bisa memudahkan Anda dalam memilih bank yang tepat, berapa besar limit pinjaman, atau pun plafon yang telah diberikan oleh pihak bank.

Perhitungan bunga

Jangan pernah langsung tergoda untuk memilih bunga yang rendah, pastikan Anda juga tahu cara perhitungan bunga sebelum Anda memutuskan untuk memiliki kredit pemilikan rumah. Minta terlebih dulu simulasi tabel cicilan yang menunjukkan besar cicilan bulanan serta sistem bunga yang dipergunakan. Apa bunganya tetap atau bunganya mengembang.

Masa pinjaman KPR

Sebagian besar bank akan memberi masa pinjaman KPR tersebut sampai maksimal 15 tahun, akan tetapi ada juga yang sampai 20 tahun, serta bila Anda memperpanjang masa tenor kredit, maka Anda bisa mengurangi besarnya cicilan yang wajib Anda bayarkan di setiap bulannya.

Coverage

Berapa banyak jumlah developer yang telah bekera sama dengan pihak bank tersebut. Yang mana makin banyaknya jumlah developer yang telah bekerja sama, maka akan makin bagus begitu pun dengan luasan jangkauan KPR.

Lama proses pengajuan

Anda juga wajib tahu lama proses pengajuan berlangsung. Biasanya proses pengajuan ini sekitar 2 minggu atau 1 bulan. Untuk itulah sangat penting Anda bertanya terlebih dulu berapa lama proses yang dibutuhkan pada saat pengajuan.

Biaya pinalti pelunasan KPR

Sering sekali pada saat Anda mengajukan KPR, Anda lupa untuk menanyakan berapa besarnya biaya yang dikenakan jika Anda ingin melunasi sebagian atau pun secara keseluruhan pinjaman sebelum jangka waktu KPR berakhir. Cari tahu apa pemberian KPR juga mengizinkan pelunasan di awal, supaya pada saat Anda mempunyai dana yang lebih dan segera ingin melunasinya di awal Anda juga tidak dikenakan biaya pinalti ini.

Biaya administrasi kredit pemilikan rumah

Hal lainnya yang juga sering diabaikan adalah biaya administrasi ini. Biaya tersebut meliputi biaya provisi, biaya notaris, biaya administrasi bank, biaya pengecekan sertifikat, biaya pengikatan jaminan, biaya asuransi jiwa kredit dan kerugian kredit, serta biaya balik nama. Guna memudahkan Anda dalam atur cash flow pembayaran uang muka atau dp nantinya, pastikan Anda tahu terlebih dulu berapa biaya administrasi yang dikenakan ketika pengajuan.

Demikianlah sekilas informasi tentang biaya tetap pemilikan rumah dengan KPR. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply