Faktor Penentu Kenaikan Harga Rumah per Tahun

Melirik investasi properti merupakan salah satu ide terbaik sebab harga sebuah tanah atau lahan terus melonjak di setiap tahunnya, dan ini bisa menjadi prospek yang sangat menguntungkan. Harga tanah memang akan selalu meningkat, dan tidak ditentukan oleh satu faktor saja. Di mana pun lokasinya, harga tanah lebih cenderung naik di tiap tahun. Untuk dapat mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya peningkatkan harga tanah, silakan Anda simak beberapa ulasan di bawah ini.

Faktor penentu kenaikan harga rumah per tahun

Lokasi strategis

Sudah jadi hal yang universal jika makin strategis lokasi tanahnya maka akan makin tinggi juga harga jualnya. Peningkatan harga tanah atau lahan ini mengacu kepada pemahaman tersebut, lokasi tanah yang strategis sangat ditentukan oleh pertimbangan yang ekonomis. Contohnya saja sebidang tanah atau lahan yang akan dibeli maupun yang Anda miliki ternyata ada di pusat kota dan dekat sekali dengan pusat pemerintahan atau pusat bisnis, belum lagi jika kualitas lingkungan fisik serta lingkungan sosialnya sangat mendukung, seperti tersedianya fasilitas umum dan juga utilitas umum.

Penguasaan tanah oleh beberapa pihak

Pada dasarnya harga tanah atau lahan dapat alami peningkatan disebabkan oleh penguasaan tanah maupun lahan yang dilakukan oleh beberapa pihak. Pihak tertentu ini umumnya adalah para pengembang, investor, dan juga kumpulan pemilik modal. Mereka dapat membeli lahan dalam skala besar, lalu diolah dan dijualnya kembali. Dengan demikian, mereka pun bisa mendapatkan keuntungan hingga 3 kali lipat dari penjualan tanahnya.

Meningkatnya perminataan sebuah rumah atau properti

Permintaan pembangunan properti seperti rumah tinggal menjadi salah satu faktor dari penyebab harga sebidang tanah terus meningkat tiap tahunnya. Perkembangan properti yang terjadi di Indonesia terus alami peningkatan yang sangat signifikan, khususnya di perkotaan besar. Pada saat hampir semua jenis rumah digemari atau diminati masyarakat, mulai dari rumah subsidi, rumah komersial, atau pun rumah tapak. Permintaan properti yang melaju cukup kencang ini juga turut ditunjang oleh pertumbuhan ekonomis yang makin membaik dan juga meningkatnya investasi pada sektor ini.

Ada pada kawasan padat penduduk

Buat Anda nih yang memiliki tanah atau lahan di kawasan padat penduduk harga tanah maupun lahannya pasti akan cenderung terus meningkat di setiap tahunnya. Hal yang demikian ini juga diperkuat lagi dengan fakta bahwa tanah atau lahan yang ada di kawasan penduduk lazimnya menuai aktifitas pembangunan dan juga ekonomi yang tinggi dibandingkan kawasan yang kurang padat penduduknya. Makin maju kawasannya maka akan makin mahal juga harga tanahnya.

Keberadaan benda di atas tanah

Ternyata terjadinya kenaikan harga rumah per tahun ini juga dipengaruhi oleh adanya benda-benda yang ada di atasnya. Benda tersebut dapat berupa bangunan tertentu atau pun tanaman yang bernilai ekonomis dan produktif. Faktor yang satu ini memang masih disangsikan bagi masyarakat. Nyatanya, dengan adanya tanaman yang produktif dan juga ekonomis seperti karet, kelapa, kopi, cokelat, dan sawit mampu meningkatkan harga tanah. Apalagi bila tanamannya tersebut dapat dibudidayakan serta menghasilkan keuntungan juga.

Demikian beberapa faktor penentu kenaikan harga rumah per tahun yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga saja informasi di atas bermanfaat.

 

Leave a Reply