Hal yang Harus Dicatat Sebelum Hitung Anggaran Biaya Bangun Rumah

Pada saat Anad berencana untuk bangun rumah tinggal, tentunya hal pertama kalinya yang akan Anda pikirkan adalah berapa biaya untuk bangun rumah tersebut. Akan tetapi sebelum Anda menghitung anggaran biaya bangun rumah, agar mengetahui terlebih dulu beberapa hal yang harus dicatat agar nantinya Anda tak salah dalam menghitung  biaya bangun tersebut. Apalagi, menghitung biaya bangun rumah ini bukan perkara yang sulit sebenarnya, hanya saja diperlukan ketelitian dan juga informasi ter update tentang harga-harga material bangunan. Ditambah pada saat kondisi tak menentuk seperti sekarang, material bangunan adalah barang yang harganya akan selalu fluktuaktif serta tak menentu, sehingga Anda perlu benar-benar tahu akan kondisi harga saat itu.

Hal yang harus diketahui sebelum hitung anggaran biaya bangun rumah

Ketersediaannya lahan

Ketersediaan lahan untuk bangun rumah merupakan hal mutlak yang wajib ada ketika bangun rumah tinggal. Dan presentase untuk lahan yang mingkin jadi yang terbesar atau pun separuh dari harga sebuah rumah. Apabila Anda masih belum mempunyai lahan untuk bangun rumah, maka segeralah mencari informasi lahan yang cocok untuk hunian Anda.

Model atau desain rumah

Terkadang orang suka sekali mengabaikan al satu ini, sebab orang lebih suka menyerahkannya pada ahli. Padahal model atau desain rumah serta rancangan rumah sangat menentukan dalam perhitungan anggaran untuk bangun rumah. Rumah dengan ukuran yang sama tapi desain atau modelnya yang berbeda tentu butuh biaya yang berbeda pula. Yang mana, makin banyaknya ruang di dalam rumah, maka akan makin menambah biaya rumah tinggal tersebut. Makin ideal detail dalam buat rumah, maka akan makin menambah biaya ruamh.

Bahan atau material bangunan

Pemilihan bahan atau material bangunan untuk membuat rumah menentukan dalam menghitung biaya buat rumah. Apabila sekarang ini Anda mempunyai uang terbatas di dalam membangun rumah, sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dulu beberapa bahan atau material yang awet, seperti batu untuk pondasi, besi untuk cor, dan genteng serta tiang. Selain itu, perhatikan juga biaya tukang atau tenaga ahli, sebab tak mungkin Anda kerjakan sendiri proses bangun rumah tersebut.

Demikian hal yang harus dicatat sebelum hitung anggaran biaya bangun rumah yang bisa kami informasikan. Dan jangan lupa baca artikel selanjutnya, tentang Tips Mencari Lokasi untuk Bangun Rumah yang Pas (64).

Leave a Reply