Ide Desain Dapur Basah yang Harus Anda Tahu

Ingin punya dapur yang enak ditempati. Memasak dan mengahabiskan waktu dengan senang hati ? Tentu anda perlu menata ruang dapur sedimikian rupa sesuai selera.Melakukan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya perlu inspirasi, anggaran dan tenaga untuk mewujudkannya.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwasanya pada ruang dapur pada umumnya terbagi menjadi dua bagian, yakni dapur basah dan juga kering. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang ide desain dapur basah yang pas untuk rumah tinggal Anda.

Desain dapur basah ini merupakan bahasan sebelum desain dapur kering. Yang mana pada desain dapur basah tersebut pastinya akan ada banyak  faktor yang nantinya akan kami kupas. Tujuannya supaya pada dapur tersebut terlihat bagus dan juga berfungsi sebaik mungkin. Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa ulasannya di bawah ini :

Ide desain dapur basah

Khususnya untuk dapur basah satu ini nantinya Anda akan memasak yang lebih leluasa dan juga lebih variatif dibandingkan dengan dapur kering. Yang pastinya Anda juga harus letakkan beberapa alat-alat memasak dengan baik dan benar. Seperti halnya kompor yang nantinya dijadikan sebagai tempat memasak, ada baiknya diletakkan pada area yang jauh dari tempat makan.

Hal ini bertujuan agar kotoran dari sisa masak tak berceceran sehingga terlihat tidak indah. Serta tempat pencuciannya pun kami sarankan di dekat dengan tempat memasak. Sebab pada saat kegiatan mencuci akan ada banyak percikan air maupun sisa masakan yang tercecer.

Sediakan aliran air  yang mencukupi. Air mengalir harus lancar dan terus-menerus. Karena perlu sekali adanya air untuk membersihkan alat masak dan perabotan bekas makan. Gunakan kran yang mudah dipakai. Seperti kran tekan atau kran geser. Hindari kran putar karena kalau dia basah sementara tangan anda juga basah dengan makanan, akan licin dan susah diputar.

Saran selanjutnya supaya alas pada desain dapur basah tersebut menggunakan bahan yang mudah sekali dibersihkan dan tahan terhadap panas. Seperti halnya keramik atau pun batu alam granit. Sebab jika Anda menggunakan lantai kayu maka jika ada ceceran masakan yang masih panas, pasti akan dapat merusak lantai. Apalagi lantai kayu ini sangat sensitif dengan suhu panas atau pun cairan tertentu. Pastinya Anda tak ingin dan ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas.

Mengenai pilihan warna sebetulnya bebas, akan tetapi jika Anda akan menggunakan warna cerah, maka gunakan material yang mudah sekali dibersihkan. Jika anda tetap bersikeras inginkan sesuai yang anda mau, boleh Anda memilih warna cerah serta tak menggunakan material yang tak mudah dibersihkan. Akan tetapi jauhkan dari penggorengan maupun tempat mencuci.

Demikianlah ide desain dapur basah yang harus Anda tahu. Mengenai desain dapur yang lainnya, yakni dapur kering, berikut ini Inspirasi Ruang Dapur Kering Gaya Kontemporer  yang mungkin saja layak dan jadi alternatif lain untuk diterapkan pada dapur rumah tinggal idaman Anda.

Leave a Reply