Jenis dan Fungsi Pondasi Rumah

Pengertian pondasi rumah yang dimaksudkan di sini adalah suatu jenis konstruksi yang menjadi dasar dan sebagai penompang bangunan yang ada di atasnya, hal yang demikian ini bertujuan untuk diteruskan secara bertahap dan juga merata ke lapisan tanah.

Terdapat pengertian pondasi yang lainnya yang menyatakan bahwa pondasi adalah sebuah konstruksi yang telah diperhitungkan dengan baik, sehingga hal tersebut bisa menjamin keseimbangan dan juga kestabilan dari bangunan terhadap berat yang akan dibebankan pada pondasi rumah tersebut.

Setelah kita tahu pengertian dari pondasi rumah tersebut, marilah kita lihat beberapa jenis dan fungsi pondasi rumah yang harus Anda tahu. Kenapa hal yang satu ini begitu penting buat Anda? Mungkin saja Anda merupakan seseorang developer yang sedang ingin membangun rumah atau pun ruko di tanah maupun lahan yang sudah Anda beli, sebagai contohnya tanah kavling, pastinya jenis-jenis pondasi tersebut harus Anda tahu. Hal ini tentunya perlu jadi pengetahuan Anda apabila Anda mempunyai tanah atau lahan yang ingin Anda jual.

Jenis dan fungsi pondasi rumah

Pondasi tiang pancang

Untuk jenis pondasi rumah yang satu ini mempunyai pengertian seperti biasanya yang digunakan untuk jenis-jenis tanah atau pun lahan yang lembek, tanah yang berawa dengan jenis kondisi daya dukung tahannya yang sangat kecil. Apabila Anda jual tanah yang lembek, maka konsumennya juga harus diberikan edukasi pada tanah tersebut. Mungkin saja Anda dapat merekomendasikan website ini untuk jadi bahan pengetahuan bagi konsumen Anda nantinya. Sehingga jenis pondasi tiang pancang adalah suatu jenis konstrusi pondasi yang mempunyai kekuatan lebih untuk menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan lenturan yang telah menyerap.

Pondasi batu kali

Sedangkan untuk pondasi satu ini adalah jenis pondasi yang dipergunakan untuk jenis bangunan sederhana, yang mana umumnya jenis pondasi rumah seperti ini dipergunakan untuk jenis bangunan yang berlantai 1, dimana tanahnya tersebut adalah jenis kondisi yang keras dan juga lebih susah digali sebab kondisi berbatu.

Pondasi batu bata

Untuk jenis pondasi batu bata satu ini mempunyai persamaan dengan jenis pondasi batu kali, yang mana pondasi seperti ini umumnya dipergunakan untuk jenis bangunan dengan lantai 1, dimana tanahnya menggunakan jenis pondasi ini merupakan jenis tanah keras.

Pondasi telapak

Pondasi telapak adalah jenis pondasi yang paling sering dipergunakan untuk bangunan bertingkat. Jenis pondasi tersebut dipergunakan pada jenis bangunan yang sederhana, contohnya saja jenis bangunan dengan 1 lantai, sebab memang jenis pondasi 1 lantai bisa menggunakan jenis pondasi seperti batu bata atau pun batu kali.

Pondasi sumuran

Lain halnya dengan pondasi sumuran ini yang merupakan salah satu jenis pondasi yang paling sering dipergunakan untuk jenis bangunan yang bertingkat. Jenis satu ini mempunyai kedalaman di bawah tanah yang lebih dari 2 meter. Pondasi sumuran tersebut dibuat dengan teknik menggali tanah dengan bentuk bulat hingga pada bagian kedalaman tanah yang keras, lalu diisi oleh semen beton.

Demikian tadiĀ informasi penting yang bisa kami bagikan tentang jenis dan fungsi pondasi rumah, yang mungkin saja bisa membantu Anda semuanya yang lagi kebingungan untuk memilih jenis pondasi yang tepat untuk rumah tinggalnya nanti.

Leave a Reply