Ketahui Waktu yang Tepat untuk Bangun Rumah

Membangun sebuah hunian tinggal tentu akan membutuhkan waktu, sebab beberapa pekerjaan tak dapat dilakukan sekaligus. Akan tetapi bisa dilakukan secara bertahap menunggu pekerjaan yang lainnya selesai.

Sebelum Anda memulai pekerjaan dalam membangun rumah, ada baiknya terlebih dahulu menyusun jadwal untuk memulai pelaksanaan pembangunan, apa saja urutan dari pekerjaan, dan juga berapa lama masa pengerjaannya. Jika Anda sudah menyusun jadwal dengan sangat baik, beberapa keuntungan di bawah ini mungkin saja akan Anda dapatkan.

Keuntungan menyusun jadwal pembanguan rumah yang baik

Salah satu keuntungan bila Anda bisa menyusun jadwal pembangunan rumah yang baik, pengawasan pekerjaan dan juga pengerjaannya akan jadi lebih mudah, sebab hasil kerja dapat dilihat berdasar jadwal, apa pekerjaan lebih cepat, standar, atau malah lebih lambat dari jadwal yang sudah ditetapkan. Selain hal tersebut, proses dari pengerjaannya pun juga bisa lebih teratur lagi. Anda di sini dapat memperhitungkan apa sajakah keperluan bahan-bahan yang mendesak dan mana sajakah yang dapat disiapkan belakangan.

Kebutuhan akan tenaga kerja serta bahan atau pun material bahan bangunan bisa terkontrol dengan sangat baik. Dengan begitu tidak akan ada tukang yang mengganggur, karena ketidaktahuan hal apa yang seharusnya dikerjakan. Bahkan persiapan dana cash juga lebih terkontrol, sehingga Anda pun tidak akan terbebani oleh kosongnya dana, serta pengerjaan selesai tepat waktu.

Waktu yang tepat untuk bangun rumah

Harus Anda ingat juga, cuaca adalah salah satu hal yang paling penting di dalam penyusunan jadwal pengerjaan, sehingga sangat disarankan sekali agar Anda memilih waktu yang tepat untuk bangun rumah. Awal pembangunan di musim penghujan akan beresiko pekerjaan tersendat, sebab beberapa pekerjaan seperti halnya pemasangan bata atau pun pondasi dinding bakal terhenti saat hujan turun, pekerja pun juga tidak bisa meneruskan disaat hari hujan sebab sangat beresiko runtuhnya material atau bahan bangunan yang baru saja dipasang.

Hal yang demikian ini pasti akan sangat merugikan Anda, khususnya bila Anda menggunakan tukang upah harian. Mereka pastinya akan istirahat sebab hujan turun, sementara itu Anda tetap membayar upah untuk satu hari tersebut. Makin seringnya hujan turun, maka akan makin banyak pula kerugian Anda serta pekerjaan makin tertunda.

Waktu yang paling tepat untuk bangun rumah adalah diakhir musim hujan, hari tak terlalu panas dan sesekali masih turun hujan kecil, sebab pada saat batang terpasang nantinya akan memulai plesteran, dinding rumah Anda juga perlu siraman air, turunnya hujan tersebut pastinya akan sangat membantu. Pasangan bata yang telah basah akan makin kuat ikatannya dan sebaliknya bila pengeringan yang terlalu cepat, maka dinding rumah Anda nantinya akan mudah retak-retak.

Pada saat pekerjaan sudah sampai pada tahapan pamasangan atap, pilihlah waktu dimana hujan sudah tak turun lagi, atau minimal jarang turun hujan, sebab kayu yang terkena air hujan ini akan jadi lembab, hal ini akan jadi incaran rayap. Akan tetapi Anda masih perlu siraman air hujan untuk pengecekan apa ada kebocoran pada bagian atap rumah. Dan pada tahapan finishing, maka butuh panas dari cahaya matahari, sebab saat cuaca lembab apalagi hujan turun, maka hasilnya bisa jadi tidak maksimal.

Itulah sekilas informasi tentang waktu yang tepat untuk bangun rumah. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply