Langkah Mudah Supaya Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC

Ada banyak orang yang telah beranggapan bahwa menggunakan AC ini adalah salah satu hal yag wajib pada saat tinggal di tempat yang beriklim panas seperti di Indonesia. Ternyata penggunaan AC secara terus menerus di setiap harinya akan menjadikan tagihan listrik Anda membengkak. Untuk bisa menghemat pengeluaran Anda tersebut, berikut ini ada beberapa langkah mudah supaya rumah tetap dingin meski tanpa AC.

Supaya rumah tetap dingin meski tanpa AC

Menghalangi sinar matahari mencapai jendela rumah Anda

Untuk menciptakan rumah energi ini juga tergantung kepada sistem shading yang telah dirancang dengan sangat baik, sebab cara untuk menghindari musim panas adalah dengan menghalangi terpaan sinar matahari mencapai jendela rumah Anda. Solar control film jendela juga bisa tawarkan perlindungan sinar matahari dan juga mengurangi jumlah panas yang didapatkan dari radiasi matahari. Bila dibandingkan dengan beberapa sistem shading yang rumit, ini dapat menjadi alternatif yang pastinya lebih terjangkau. Bahkan layar bamboo sederhana pun bisa memblokir sebagian yang baik dari sinar UV tanpa benar-benar korbankan siang hari.

Menambahkan interior tirai

Setelah panas sinar matahari lewati kaca jendela rumah Anda, maka panas yang ada di dalam rumah jadi semakin tinggi dan perlu berventilasi untuk melarikan diri. Untuk bisa menjaga lantai serta dinding rumah Anda dari menyerap panas sinar matahari secara langsung dan memancarkan sepanjang hari, bisa membantu untuk tambahkan lapisan perlindung antara jendela dengan massa ternal utama rumah tinggal Anda. Tirai yang tipis merupakan langkah terbaik supaya rumah tetap dingin meski tanpa AC dengan cara mengurangi sinar matahari secara langsung ke lantai, akan tetapi tetap mempertahankan nuansa siang.

Sirkulasi udara yang baik dan lancar

Usahakan selalu ventilasi di dalam rumah Anda sudah cukup dan sirkulasi lancar. Sebab dengan sirkulasi yang lancar seperti ini juga akan turunkan suhu dalam rumah. Menggunakan kipas pada langit-langit atau pun kipas duduk bahkan berdiri di dekat jendela di saat malam hari bisa membantu gerakan udara pada saat tidak ada angin dan perbedaan suhu yang lebih kecil.

Matikan segera peralatan elektronik

Untuk bisa membantu jaga temperature yang lebih dingin lagi di saat siang harinya, Anda bisa mengurangi apa pun yang bisa menghasilkan panas di dalam rumah atau pun apartemen. Contohnya saja, tidak menggunaan pengering atau pun oven serta mencoba untuk tidak membuka lemari es yang terlalu sering.

Mengubah kebiasaan tidur

Silakan Anda pakai seprei seperti linen atau pun katun. Campuran sintetis tidak bisa bernapas cukup untuk lepaskan semua panas Anda hasilkan di malam hari. Agar seprei Anda tetap segar, Anda bisa memercikan sedikit saja bedak bayi atau pun bedak biasa pada seprei Anda. Ini nantinya akan menyerap keringat pada saat Anda sedang tidur dan jaga seprei tetap terasa segar serta bersih.

Tetap terhidrasi

Anda semuanya pasti sudah sangat tahu betul bahwasannya terhidrasi di saat musim panas sangat penting sekali. Akan tetapi apa Anda tahu bahwasannya air minum juga bisa membantu dalam mengatur suhu tubuh Anda?

Itulah beberapa langkah mudah supaya rumah tetap dingin meski tanpa AC yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply