Lebih Untung Investasi Ruko atau Rumah Kost?

Pada saat Anda ingin mendirikan sebuah bisnis kontrakan berupa ruko atau rumah kost, apa sih kelebihannya? Dengan mengetahui perbandingan antara investasi ruko dengan rumah kost tersebut pastinya akan lebih memudahkan Anda untuk memilih mana yang bisa memberikan keuntungan besar bagi Anda kelak. Berikut beberapa ulasan kelebihan atau pun keuntungan investasi ruko atau pun rumah kost.

Keuntungan investasi ruko dan rumah kost

Investasi ruko atau rumah kontrak

Anda memiliki keinginan untuk sewakan ruko atau rumah toko dengan model dikontrakan. Ya, kira-kira apa saja sih keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda dapatkan nanti? Setidaknya pada saat Anda tahu lebih detailnya tentang investasi tersebut mengenai kelebihannya, dapat mengurangi kekurangan dari jalankan investasi kontrakan satu ini.

  • Investasi ruko di kontrakan ini memiliki market yang terbilang cukup besar apabila dibandingkan dengan rumah kost. Apabila Anda investasi ruko untuk disewakan dengan model kontrak, itu artinya rumah Anda tersebut dalam jangka waktu minimal 1 tahun atau 6 bulan. Jadi pada saat Anda berniat untuk mengontrakkan rumah, artinya Anda juga menerima uang sewa di muka dengan jangka waktu yang sudah disepakati bersama. Dengan Anda menerima uang di muka ini, artinya Anda dapat memutar cash flow uang Anda untuk kebutuhan atau pun investasi yang lain.
  • Untuk harga sewa, idealnya ruko yang dikontrakkan akan alami kenaikkan minimal 5 % dari harga sewa di tahun yang sebelumnya. Jadi, pada saat Anda investasi jasa dalam bidang kontrakan ini memiliki harga sewa yang akan selalu meningkat untuk setiap tahunnya.
  • Ruko yang dikontrakkan mempunyai kelebihan di dalam menerima pembayaran sebab semua dibayar di muka. Jadi, untuk dapat mengontrol tagihan lebih minim dibandingkan dengan sistem bulanan, seperti halnya pada investasi rumah kost yang proses pembayarannya setiap bulan. Sehingga Anda harus bisa mengontrol setiap bilan mana yang sudah membayar dan mana yang masih belum.

Investasi rumah kost

  • Mempunyai tingkat kebutuhan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan rumah toko yang disewakan untuk investasi. Rumah kost ini umumnya jauh lebih simpel, sebab hanya menyewakan per kamar saja. Jadi, untuk investasi rumah kos tersebut sangat bagus di dalam menerima hasil sewa dan marketnya yang terbilang masih cukup bagus.
  • Rumah kost tersebut nantinya akan memberi lahan bisnis baru atau investasi baru, seperti jasa pencucian atau jasa setrika. Jadi, investasi rumah kost tersebut juga potensial sekali untuk menimbulkan jasa tambahan bagi pemilik kost.
  • Lebih simpel bila dibandingkan dengan investasi ruko kontrakan. Bila ruko kontrakan umumnya harus dibangun dengan ruang tamu, kamar mandi, dan kamar tidur, serta dapur, maka untuk investasi rumah kost ini akan lebih efisien, sebab Anda menyewakannya per kamar. Sehingga, bila Anda juga ahli desain bangunan untuk rumah kost, pastinya akan mempunyai kamar yang optimal untuk rumah kost Anda tersebut.

Demikianlah sekilas informasi tentang perbandingan keuntungan investasi ruko dan rumah kost yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply