Memilih Bahan Bangunan Sesuai Anggaran yang Tepat

Dalam proses pembangunan sebuah rumah tinggal, bahan bangunan rumah jadi aspek yang paling penting, sebab nantinya akan menentukan seberapa indah serta kuatnya rumah dapat bertahan.

Penggunaan bahan dengan kualitas baik pastinya akan menjadikan rumah mempunyai tampilan yang tak hanya indah, akan tetapi juga kokoh. Anda pastinya tak akan keluarkan biaya yang lebih apabila menerapkan hal ini ketika membangun rumah.

Untuk Anda yang sudah berpengalaman dalam membuat rumah, mungkin saja memilih bahan yang berkualitas baik untuk membuat sebuah rumah tidaklah sulit, akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang tidak terlalu paham dan masalah yang satu ini? Jangan khawatir, sebab berikut ini ada beberapa cara paling mudah memilih bahan bangunan sesuai anggaran yang tepat, yang pastinya lebih ramah di kantong.

Cara memilih bahan bangunan sesuai anggaran

Pasir

Pasir dengan kualitas baik secara visual tampak bersih tidak ada campuran tanah atau lumpur serta tidak menggumpal pada saat digenggam.

Semen

Sekarang merek semen sudah beredar sangat banyak di pasaran, ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan kualitas semen yang bagus tapi tetap ramah di kantong. Semen nantinya akan bisa merekat dengan sangat baik apabila pasir yang Anda pergunakan juga mempunyai kualitas baik pula. Jadi, antara pasir dengan semen harus diperhatikan dengan baik kualitasnya.

Batu bata

Bahan bangunan batu bata ini mempunyai variasi jenis yang sangat beragam juga, mulai dari batu bata merah, batako, dan lain-lain. yang mana masing-masing bahan mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing, silakan Anda sesuaikan bahan bangunan sesuai anggaran yang Anda miliki.

Besi beton

Besi beton ini umumnya dipergunakan sebagai kerangka penyusun konstruksi bangunan. Ukuran yang telah dimiliki oleh besi beton tersebut sangat banyak, mulai dari diameter 6 mm sampai 32 mm.

Kayu

Kayu yang sebaiknya dipilih untuk membangun rumah ada baiknya kayu yang sudah kering. Sebab kayu kering ini tidak mudah lapuk atau pun menua bila terkena air dan panas.

Keramik

Untuk kualitas keramik ini sendiri umumnya mempunyai tiga tingkat, mulai dari KW 1, KW 2, dan KW 3, yang mana makin kecilnya angka kualitas, maka makin baik pula kualitas keramik tersebut. Secara harga memang keramik KW 1 ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan keramik KW 3, tetapi kemudahan pemasangan dan juga hasil lebih yang diperlihatkan juga sebanding dengan harga yang ditawarkannya.

Genteng

Bahan genteng yang biasanya dipergunakan adalah yang berbahan tanah liat dan juga beton, sebab kekuatannya yang lebih bagus. Akan tetapi bahan genteng lainnya seperti keramik serta baja ringan juga tak ada salahnya untuk dipilih. Bila Anda menggunakan genteng bahan tanah liat atau beton dengan bobot yang cukup berat, maka perkuatlah kerangka atap supaya tidak mudah ambruk.

Cat rumah

Cat yang baik tak harus mahal, tapi sesuai dengan media yang nantinya akan dicat, apakah untuk eksterior atau interior. Selain itu, warna cat yang dipilih juga sebaiknya disesuaikan dengan konsep rumahnya.

Demikianlah tadi rangkumkan tentang memilih bahan bangunan sesuai anggaran yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply