Mengetahui Untung Rugi Investasi Properti

Jika berbicara tentang investasi, maka erat kaitannya dengan keuangan atau financial serta ekonomis, berikut ini adalah akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih di masa depan.

Terkadang investasi juga disebut sebagai penanaman modal, investasi ini memang sangat menjanjikan keuntungan yang berlimpah, akan tetapi investor juga harus lebih jeli lagi dalam melihat kelebihan dan juga kekurangan investasi miliknya.

Jenis-jenis investasi yang biasanya ada di Indonesia cukup beragam, mulai dari perhiasan, mata uang asing, saham, deposito, hingga properti. Buat Anda yang lebih tertarik untuk investasi dalam bidang properti, khususnya tanah, sepertinya ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum akhirnya membeli. Utamanya, mengecek legalitas kavling tersebut terbebas dari free, clean, dan clear.

Free ini artinya bebas dari sengketa, crean sendiri artinya tanah tersebut tak sedang dipergunakan untuk kegiatan ekonomi yang lain, sementara itu untuk clear ini sendiri artinya ukuran dari tanah tersebut tepat, seperti yang sudah tertera pada sertifikat dan cocok batas-batasannya.

Keuntungan investasi properti tanah

  • Capital gain. Siapa pun pasti tahu jika harga sebidang tanah akan terus meningkat di tiap tahunnya. Persentasenya dapat mencapai 20 % hingga 25 % bahkan lebih di setiap tahunnya. Nilai plus ini yang menjadikan investasi tanah cocok sekali bagi pemula.
  • Properti yang mempunyai return dan juga capital gain tinggi seperti halnya dengan tanah. Ada baiknya jangan dijual dalam kurun waktu singkat. Tunggu dulu sampai harganya naik secara signifikan, umumnya kenaikan nilai properti ini akan terasa setelah 5 tahun ke depan.
  • Perawatan tanah yang kosong memang tidak memerlukan biaya yang besar dan menyulitkan. Berbeda halnya dengan properti yang berupa bangunan, seperti rumah, ruko, apartemen, kantor, atau pun kios, yang harus Anda rawat sehingga sering sekali mengeluarkan biaya di setiap tahunnya.
  • Added value. Keuntungan yang seperti ini dapat diperoleh pada saat lahannya dikembangkan. Belakang ini, ada banyak ditemukan para pengembang perumahan dalam skala kecil yang telah dikemas cantik dalam bentuk cluster. Bila lahan tergolong stragis, bisa juga tanah kavling tersebut dijadikan sebagai ruko.

Kerugian investasi properti tanah

  • Minim income. Lahan yang kosong biasanya tidak bisa menghasilkan income, tentunya hal yang demikian ini berbeda dengan investasi rumah, ruko, atau pun rumah kost yang bisa disewakan, kecuali bila Anda melihat peluang seperti keuntungan yang besar di tahun ke depannya.
  • Sifat likuid kecil. Berbeda halnya pada saat Anda investasi emas atau perhiasan, investasi yang satu ini dirasa sangat sulit sekali apabila akan dicairkan jadi bentuk uang tunai dalam waktu yang singkat.
  • Modal besar. Bila dibandingkan dengan properti yang lain, seperti rumah atau apartemen, tanah relatif lebih terjangkau untuk Anda beli. Hanya saja lokasi tanahnya yang ada di area strategis umumnya dibanderol dengan harga yang terbilang cukup tinggi.
  • Menguras pengeluaran. Poin yang satu ini berlaku bila lahan atau tanah yang dimiliki tak digunakan secara produktif. Alhasil tanahnya hanya kan memberi beban seperti pajak, perawatan, dan juga penjagaan. Sebab, bila tidak diberi batasan yang jelas dan pengamanan, sering sekali tanahnya disalahgunakan pihak lain.

Demikianlah sekilas informasi tentang untung rugi invetasi properti tanah. Semoga saja bis bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply