Pilih Beli Rumah Jadi atau Beli Kavling?

Buat Anda yang ingin mempunyai rumah, khususnya rumah pertama, mungkin saja akan sering menanyakan bagusan mana antara beli tanah atau kavling dan secara langsung beli rumah jadi saja dari developer maupun rumah bekas.

Sebetulnya, pilihan tersebut semuanya baik, akan tetapi sebelum Anda ambil keputusan mau pilih yang mana, ada baiknya Anda ketahui terlebih dulu beberapa hal yang penting pada saat membeli rumah jadi atau beli kavling.

Hal penting sebelum beli rumah jadi

Siap pakai tanpa harus repot

Apabila Anda beli rumah siap pakai seperti ini, Anda nantinya juga tidak akan direpotkan lagi, seperti ketika beli kavling yang harus mencari tanah yang cocok untuk bangun rumah, mencari lokasi, urus legalitas, dan juga merencanakan proses pembangunan rumah yang pastinya akan memakan waktu serta usaha yang ekstra.

Mudah mendapat KPR

Bila Anda beli rumah jadi atau baru ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sebab jika beli pada pihak developer sendiri umumnya sudah memiliki mitra atau kerja sama dengan pihak bank guna masalah pendanaan sehingga akan sangat membantu Anda untuk siapkan dokumen serta mendapat KPR.

Lokasi lebih terintegrasi

Rumah yang telah dibangun developer ini umumnya memiliki lokasi serta tempat yang jauh lebih terintegrasi, hal tersebut pastinya sudah dirancang sebelum bangun rumah. Seperti halnya dengan tersedianya fasilitas umum bagi perumahan, lokasi yang dekat dengan beberapa tempat penting lainnya, seperti perkantoran, perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Hal penting sebelum beli kavling

  • Bila Anda memang berniat untuk beli tanah kavling terlebih dahulu, lalu bermaksud untuk membangun rumahnya sendiri dengan keinginan dan harapan Anda, maka hal pertama yang harus dijadikan sebagai pertimbangan adalah lokasi dari tanah atau kavling itu sendiri lalu legalitas kavling.
  • Setelah itu Anda juga masih harus mengurus IMB atau izin mendirikan bangunan, baru Anda berhak dan dapat mendirikan bangunan di atas kavling tersebut.
  • Langkah selanjutnya setelah poin tersebut sudah terpenuhi dengan baik saat ini adalah merencanakan konsep atau pun desain rumah yang nantinya akan Anda bangun seperti apa. Bila Anda adalah seorang developer, pastinya Anda lebih tahu secara detail dan juga estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk bangun rumah di atas kavling tersebut sesuai dengan konsep atau desain rumah yang Anda inginkan.
  • Persiapkan dana. Jika sudah memiliki desain rumah yang hendak dibangun serta biayanya sudah didapat dari hasil estimasi, maka sekarang saatnya untuk mempersiapkan dana tersebut. Untuk bisa mendapatkan dana bangunan rumah ini, Anda bisa menggunakan dana sendiri bila mencukupi atau dengan melakukan pinjaman dari pihak lainnya.
  • Buatlah jadwal sendiri. Apabila dana Anda memang sudah tersedia, maka sekarang adalah saatnya untuk berkonsultasi dengan kontraktor yang nantinya akan membangun rumah tinggal Anda untuk buat waktu atau pun penjadwalan kapan pembangunan bisa dimulai dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan untuk Anda semuanya tentang pilihan beli rumah jadi atau beli kavling. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi, sehingga Anda tak bingung lagi dalam menentukan pilihan.

Leave a Reply