Pilih Pembantu Harian atau Bulanan?

Menggunakan jasa pembantu ini memang seringkali jadi pilihan utama di dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Keluarga dengan tingkat kesibukan yang tinggi, pastinya akan mengurus kerjanya masing-masing, sehingga menjadikan mereka menyerahkan semua urusan rumah pada asisten rumah tangga. Memilih pembantu rumah tangga ini juga susah-susah gampang.

Sekarang ini ada 2 jenis pembantu yang dibedakan berdasarkan durasi kerja, diantaranya pembantu harian dan pembantu bulanan. Untuk setiap tipe pembantu ternyata mempunyai kelebihannya masing-masing yang bisa dijadikan sebagai acuan di dalam memilih kelebihan pembantu yang cocok buat Anda.

Sebaiknya pilih pembantu harian atau bulanan?

Pembantu harian

Dalam memperkerjakan pembantu harian ini umumnya jauh lebih sederhana dan juga tidak terlalu rumit. Mereka akan dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain hal tersebut, Anda pun juga tak perlu lagi mempersiapkan kamar untuk tempat dia tinggal sementara, sebab setelah bekerja umumnya mereka akan langsung pulang di saat sore harinya atau pun sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Tapi sayangnya, pembantu harian ini umumnya mematok harga yang sedikit lebih mahal. Yang demikian ini dikarenakan pekerjaannya hanya satu hari saja. Jika ingin lanjut, umumnya ada perjanjian yang dibuat terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan di hari yang berikutnya. Di samping itu, apabila Anda lebih memilih pembantu harian tersebut, Anda bisa kurang mengenal pembantu yang bekerja mengurus rumah tinggal Anda tersebut, sebab baru hari itu dan juga hanya hari itu dia bekerja, sehingga resiko untuk kehilangan benda yang berharga di dalam rumah tinggal Anda jadi lebih tinggi lagi.

Pembantu bulanan

Sedangkan untuk yang satu ini mungkin saja sudah umum digunakan oleh banyak orang. Umumnya pembantu bulanan tersebut digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Mencari pembantu bulanan ini sudah cukup mudah, sebab sudah ada banyak orang yang ingin cari nafkah sebagai pembantu rumah tangga untuk jangka waktu yang cukup lama tersebut. Anda nantinya juga akan lebih kenal tipe ini sebab selama satu bulan bekerja buat Anda. Selain hal tersebut, anak-anak Anda juga akan mudah percaya dengan pembantu bulanan tersebut, sebab setiap harinya bertemu dan pada akhirnya akan terbiasa untuk bertemu mereka.

Kekurangan dari memilih pembantu bulanan ini adalah pada saat lebaran tiba. Umumnya para pembantu bulanan akan meminta untuk pulang ke kampung halamannya selama satu minggu penuh. Akibatnya Anda juga akan kehilangan pembantu bulanan. Mungkin saja pekerjaan rumah dapat Anda lakukan secara bersama-sama dengan keluarga di rumah, jika memang tidak sama-sama sibuk. Bila semua anggota keluarga Anda sibuk, terpaksa Anda harus cari pembantu sementara untuk gantikan pembantu bulanan Anda tersebut.

Perlu Anda tahu juga bahwasannya untuk dapat menentukan pembantu rumah tangga yang tepat ini sangatlah penting, sehingga nantinya Anda tidak terlalu direpotkan dengan masalah kebersihan dan lain sebagainya yang akan habiskan waktu serta tenaga Anda. Akan tetapi Anda juga disarankan untuk lebih berhati-hati lagi di dalam memilih pembantu supaya nantinya tidak terjadi beberapa hal yang tak diinginkan. Sebab saat ini sudah ada banyak sekali pihak yang tak bertanggung jawab yang telah memanfaatkan kesempatan ini.

Nah, itulah tadi sekilas informasi tentang pilihan pembantu harian atau bulanan yang bisa dijadikan sebagai acuan di dalam memilih pembantu rumah tangga untuk bantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Leave a Reply