Punya Anak Kecil Tapi Rumah Tetap Rapi

 

Jika melihat sudut rumah yang tampak sangat berantakan memang jadi tidak menyenangkan. Akan tetapi, rasa malas untuk membereskan rumah tinggal sering kalah dengan niatan baik untuk menjaga kebersihan. Padahal rumah kotor seperti ini menimbulkan penyakit dan sering sekali menjadi sarang serangga untuk berkembangbiak. Belum lagi jika kedatangan tamu penting secara dadakan. Semua anggota keluarga pastinya harus bergotong royong untuk membersihkan rumahnya dengan gesit.

Jika Anda memiliki anak-anak kecil mungkin saja keadaan rumah yang kotor malah lebih sering terjadi sebab ada banyak mainan atau hal lainnya yang dibuat mainan anak. Apabila Anda memang merasa tak mungkin untuk membereskan semua barang-barang tersebut, simak tips rumah tetap rapi meski punya anak kecil.  

Tips rumah tetap rapi meski punya anak kecil

Putuskan mana barang yang disimpan dan dibuang

Apabila Anda sudah membuat keputusan barang mana yang nantinya akan disingkirkan, maka cobalah untuk membuat seperti garage sale untuk jual semua barang yang tak digunakan, buat donasi atau pun berikan ke seseorang yang membutuhkan. Anda bisa mengajak si kecil untuk menyisihkan sebagian barang yang dimilikinya dengan cara mengingatkan barang atau pun mainan apa saja yang sudah tidak disukai.

Cara yang satu ini dapat dimulai sejak ia berumur 3 tahun, apabila memang sudah memutuskan barang mana yang nantinya harus disingkirkan, putuskan terlebih dulu barang yang harus disimpan. Ajak anak Anda juga untuk membuat keputusan tanpa harus merasa lagi dipaksa supaya tak menimbulkan efek negatif di masa depan.

Siapa yang akan bertanggung jawab, anak atau orangtua?

Merapikan atau membersihkan isi rumah bisa jadi sebuah aktifitas bersama untuk setiap anggota keluarga akan tetapi sebetulnya sangat penting untuk setiap anak belajar bertanggung jawab terhadap barang-barangnya. Orangtua bisa membantu anak-anak untuk memulai prosesnya dan memberikan semangat. Pastikan juga barang-barang Anda sendiri sudah selesai dirapikan dan dibersihkan sebelum mulai bekerja bersama dengan anak-anak Anda.

Simpan hasil karya dari sekolah

Membawa pulang hasil karya dari sekolahnya adalah salah satu hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak ditujukan kepada Anda. Apabila sebagai orangtua, Anda memutuskan untuk menyimpan hasil karya anak tercinta guna mengapresiasinya, maka simpan di dalam sebuah clear holder, atau bila hasil karyanya membuat anak Anda senang, Anda bisa memajangnya di dinding supaya mereka pun bisa selalu melihatnya.

Siapkan wadah untuk simpan perlengkapan

Anda juga bisa menyediakan beberapa wadah supaya perlengkapan anak-anak seperti halnya peralatan menggambar akan selalu terorganisir dengan baik. sehingga anak Anda pun tidak hanya distimulasi untuk lebih kreatif, juga terbiasa untuk menyimpan barang-barangnya di tempatnya  kembali. Pastikan juga barang-barangnya tersebut bisa mereka raih dengan mudah.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut pastinya rumah tinggal Anda akan terlihat rapi di setiap harinya, sebab tak akan ada lagi barang-barang yang berserakan di dalam  rumah tinggal Anda, sehingga dengan demikian kebersihan rumah Anda pun juga tetap terjaga dengan baik.

Demikianlah informasi tentang tips rumah rapi meski punyai anak kecil yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

 

Leave a Reply