Solusi Bangun Rumah dengan Gaji 3 Juta

Tak hanya jadi sebuah kebutuhan, akan tetapi mempunyai sebuah rumah tinggal sering dianggap sebagai tolak ukur dari kesuksesan seseorang. Salah satu alasan ini yang menjadikan banyak orang ingin bisa memiliki sebuah rumah tinggal. Akan tetapi, gaji yang didapatkan setiap bulannya, apa bisa membeli atau pun membangun rumah sendiri?

Misalnya saja, Anda adalah seseorang pekerja dengan gaji setiap bulannya sebesar Rp 3 juta rupiah, lalu apa mungkin bisa membangun rumah, yang mana Anda juga sudah tahu biaya untuk bangun rumah atau beli rumah ini tidaklah sedikit. Untuk menjawab pertanyaan atas keraguan Anda tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan solusi untuk bisa bangun rumah hanya dengan gaji 3 juta rupiah yang Anda dapatkan di setiap bulannya. Penasaran? Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Solusi bangun rumah dengan gaji 3 juta

Untuk Anda yang mempunyai gaji sekitar Rp 3 juta rupiah per bulan, Anda bisa membeli rumah atau bangun rumah di bawah Rp 100 juta rupiah. Melihat harga maksimal dari bangun rumah tersebut, Anda mungkin saja pesimis untuk bisa memperoleh rumah yang bagus. Cara yang paling mungkin untuk bisa memiliki rumah ini jika memang Anda terkendala dengan gaji setiap bulannya adalah dengan membeli rumah subsidi.

Jika Anda mempunyai total gaji tiap bulan Rp 3 juta rupiah, dan sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan harga Rp 100 juta rupiah, maka Anda harus siapkan uang sebesar Rp 27 juta rupiah. Uang tersebut pastinya untuk bayar uang muka rumah yang nilainya sekitar 20 % dari harga total rumah yang sebenarnya. Dan untuk 80 % bisa dicicil di setiap bilannya.

Tapi bila Anda ingin bangun rumah sendiri dengan gaji Rp 3 juta rupiah per bulan ini Anda bisa KPR, umumnya pihak bank akan menerima cicilan sekitar 30 % dari nilai besarnya gaji yang didapatkan. Jika memang gaji Anda Rp 3 juta rupiah per bulan, maka pihak bank nantinya akan menyetujui cicilan KPR per bulan sekitar Rp 915 ribu rupiah.

Perhitungan tersebut juga tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin bangun rumah dengan perkiraan dana yang dibutuhkan sekitar Rp 100 juta rupiah. Tapi, harus diingat juga, apabila Anda beli rumah yang lebih mahal, pastinya angka cicilannya pun juga semakin bertambah. Hal yang demikian ini akan bisa disetujui pihak bank bila Anda mempunyai penghasilan sampingan serta disertai dengan bukti-bukti yang jelas. Adanya bukti tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa Anda bisa membayar lebih di setiap bulannya.

Apabila Anda memang sungguh-sungguh ingin mempunyai sebuah hunian tinggal, maka salah satu solusi terbaiknya adalah dengan sedikit memaksakan diri, maksud dari memaksakan diri di sini adalah untuk tidak bersikap boros dengan hanya beli kebutuhan pokok saja. Hal tersebut bertujuan supaya Anda nantinya dapat menyisihkan sekitar 30 % dari gaji per bulan yang Anda dapatkan untuk bangun rumah. Jika Anda sudah berumah tangga, maka pengeluarannya pun juga akan jadi semakin besar. Untuk itulah, cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan cari pekerjaan sampingan.

Demikianlah solusi bangun rumah dengan gaji 3 juta yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply