Strategi Bangun Rumah Kurang Anggaran

Adakah strategi bangun rumah kurang anggaran? Karena memang anggaran yang dimiliki untuk membangun sebuah hunian tinggal ini dirasa masih belum cukup, apalagi gaji yang Anda dapatkan per bulannya pun juga masih sangat minim.

Jangan khawatir karena alasan anggaran yang kurang atau pun anggaran yang minim sekalipun, sebab pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang strategi terjitu untuk bangun rumah kurang anggaran yang mungkin saja bisa jadi solusi terbaik atasi masalah financial saat bangun rumah.

Rumah tinggal yang bagus dan baik, bukan berarti harus mahal dan juga mewah. Sangat mungkin sekali rumah dengan biaya yang murah sekalipun akan menghasilkan rumah yang apik, sehat, dan juga menarik. Akan tetapi butuh perencanaan berupa desain strategis dan juga perhitungan yang cukup matang untuk dapat mewujudkan rumah murah impian Anda tersebut.

Strategi bangun rumah kurang anggaran

Bentuk rumah sederhana

Usahakan untuk desain rumah Anda dibentuk kotak simetris saja tanpa banyak tekukan atau pun belokan. Sebab, bentuk rumah yang berkeluk pastinya akan mengakibatkan struktur yang berlekuk juga, sehingga butuh material yang lebih banyak serta pengerjaannya pun yang jauh lebih rumit. Usahakan juga ruangan di dalamnya juga sudah terbagi secara simetris dan juga teratur, yang demikian ini cocok sekali bagi Anda yang kurang anggaran untuk bangun rumah tinggal yang nyaman dan indah. Rumah dengan bentuk kotak seperti ini juga akan memungkinkan desain bentuk atap yang sangat sederhana seperti halnya atap bentuk perisai dan juga pelana.

Efisiensi ukuran ruangan

Jangan pernah membuat ruangan yang terlalu besar, sebab ruangan yang berdimensi besar akan butuh biaya yang pastinya jauh lebih besar juga. Untuk itulah sesuaikan saja ruangan dengan anggaran yang sudah Anda miliki. Ruang tidur yang nantinya akan ditempati oleh satu orang pastinya tak perlu dibuat sebesar ruang tidur untuk dua orang. Ruangan tidur kapasitas satu orang bisa dilengkapi dengan sebuah ranjang yang bertingkat, sehingga menjadikan kamar tidur tersebut bisa menampung dua orang sekaligus. Selain itu, ketinggian dinding dari lantai hingga plafon atau pun sampai pada Beton lantai 2 cukup berkisar 2.5 hingga 3 meter saja. Sebab makin tingginya dinding, tentu akan butuh material yang makin banyak pula. Struktur pondasi rumah juga harus lebih besar serta kolom dindingnya akan lebih panjang.

Efisiensi struktur

Besaran biaya yang nantinya harus Anda keluarkan untuk struktur rumah ini sangatlah besar, yakni sekitar 50 % dari total secara keseluruhan biaya bangun rumah, mulai dari struktur pondasi, rangka atap, dan juga kolom balok. Penghemat biaya struktur ini ada kaitannya dengan efisiensi dimensi dan juga system struktur. Efisiensi struktur ini bisa dihasilkan dari perhitungan yang dilakukan tenaga ahli struktur, seorang ahli struktur bisa memilih dan juga menentukan system yang paling sederhana dan juga murah, akan tetapi pastinya kekokohan rumah tinggal Anda tetap terjamin dengan sangat baik.

Gunakan material lokal

Material lokal ini pastinya lebih mudah didapatkan di sekitar lokasi  Anda. Pastinya penggunaan dari material lokal tersebut akan dapat menekan biaya transportasi, makin dekat tentunya ongkosnya juga akan makin murah. Sebaiknya Anda kenali dan pelajari terlebih dulu potensi yang ada di daerah Anda tinggal, mungkin saja ada banyak produk lokal serta material alam yang bisa Anda pergunakan sebagai material bangunan, misalnya saja bambu, genteng, batako, dan lain-lain.

Demikianlah strategi bangun rumah kurang anggaran yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply