Tahap-Tahap Bangun Rumah 2 Lantai

Bangun rumah secara bertahap bisa ringankan anggaran. Bila tahu caranya rumah bagus bisa dimiliki dengan jangka waktu singkat. Hanya memang perlu rencana  yang matang. Membangun 2 lantai haruslah dengan cermat. Didirikan secara kuat, aman dan kokoh.

Mungkin saja Anda merupakan salah satu pemilik rumah kecil seperti KPR type 21/60. Yang mana pada saat ini Anda sedang berencana untuk bangun rumah 2 lantai dengan 2 tahap. Mengingat kondisi finansial yang masih belum mencukupi untuk bangun secara keseluruhan. Maka Anda bisa merencanakan pembangunan secara bertahap, akan tetapi perencanaan desain rumahnya juga tetap harus secara keseluruhan.

Untuk bangun rumah dengan cara bertahap ini Anda nantinya harus mempertimbangkan bahwasannya bangunan yang akan dikerjakan pada tahap 1 jangan sampai dibongar saat bangun rumah pada tahapan 2. Karena, yang demikian itu sama halnya dengan membuang biaya yang pastinya tak sedikit.

Tahapan bangun rumah 2 lantai

  • Silakan Anda buat gambar perencanaan dan juga RAB rumah secara menyeluruh pada awal.
  • Pembangunan pada tahap 1 dengan mengerjakan pekerjaan lantai 1 hingga dengan pekerjaan plat pada lantai 1.
  • Pembangunan pada tahap 1 dapat dilakukan beberapa tahun kemudian hingga dana terkumpul kembali.
  • Tahap-tahap bangun rumah yang pertama adalah pekerjaan pondasi haruslah sesuai rencana, konstruksi pondasi sudah dipersiapkan untuk bangunan rumah 2 lantai, dengan begitu pada saat bangun tahap 2 tak lagi mengganggu pondasi.
  • Pekerjaan beton sloof, ring balok, dan kolom, juga harus sesuai dengan gambar rencana bangunan 2 lantai, komposisi adukannya harus sesuai dengan rencana pada RAB, demikian juga penulangan besi.
  • Sedangkan untuk pelaksanaan pekerjaan plat Beton lantai wajib dilakukan secara baik, dengan adukan beton yang berkualitas baik, benar komposisi campuran adukannya, penulangan besi yang sesuai. Jangan sampai nantinya terjadi bocor karena plat betonnya tersebut harus kedap air, sebab akan dibiarkan terbuka dalam kurun waktu tertentu, hingga ada rencana bangun pada tahap 2.
  • Pekerjaan tangganya pun juga harus diselesaikan pada tahapan 1, karena jika nanti akan mengganggu proses pembangunan selanjutnya.

Dengan selesainya proses pembangunan rumah tahap 1 ini, maka rumah tinggal Anda sudah siap huni. Pada saat melaksanakan pembangunan pada tahap 2 atau lantai 2, maka dalam proses pembangunan nantinya tidak akan mengganggu bangunan lantai 1.

Demikianlah tadi beberapa tahap-tahap bangun rumah 2 lantai yang bisa kami informasikan. Sedangkan untuk perhitungan biaya anggaran bangun rumah, silakan Anda simak artikel berikutnya ini ya, Hal yang Harus Dicatat Sebelum Hitung Anggaran Biaya Bangun Rumah (63).

No Responses

Leave a Reply