Tips Agar Dinding Kaca Tegak Nan Kokoh

Berpikiran untuk membuat dinding dari kaca ? Mencoba sesuatu yang lain memang bisa membuat suasana rumah berbeda. Salah satu bahan yang sering dipakai adalah kaca. Dengan penataaan yang bagus dan pemasangan benar, kaca bisa kuat dan kokoh sebagai pilihan dinding rumah.

Dinding kaca ini memang masih jadi salah satu solusi untuk membuat partisi ruangan demi menghemat luasan rumah yang terbatas. Dengan menggunakan dinding kaca ini, maka pemandangan dari dalam ke luar tak akan terhalang lagi, sekat antara ruangan seolah-olah nihil, sehingga menjadikan ruangan terlihat lebih luas dari aslinya.

Namun sayangnya, karakter kaca ternyata tak sekokoh dinding konvensional. Untuk itulah, pemasangannya butuh perhatian ekstra, mulai dari pemilihan bahanya, struktur, sampai dengan teknik pemasangannya. Untuk bisa memasang dinding kaca supaya tegak, kokoh, dan juga indah, simak tips berikut ini dulu.

Tips agar dinding kaca tegak dan kokoh

Perhatikan jenis kacanya

Silakan Anda pilih kaca dengan jenis tempered atau pun kaca dengan kelebihan tahan benturan serta tak menghasilkan pecahan yang berbahaya. Jika suatu saat terkena benturan yang keras, pecahan kaca akan berubah jadi butiran kecil bukannya kepingan tajam. Selain hal itu, Anda juga bisa memilih jenis kaca laminated, kaca ini disusun dua lapis dengan sealent pada kedua kaca. Jenis tersebut lebih tahan benturan serta pecahannya tetap melekat pada kaca.

Pilih frame

Untuk pemasangan dinding bahan kaca ini mempunyai dua system, yakni system frame atau bingkau, dan juga system frameless. Prinsip dari system bingkainya cukup sederhana sekali, yakni di sekeliling kaca diikatkan dengan dijepit oleh rangka seperti halnya lazimnya pemasangan kaca di sebuah daun jendela. Bahan frame ini umumnya dibuat dari kayu, PVC, dan juga alumunium, antara frame dengan kaca diberikan lapisan sealent dengan tujuan supaya tak mudah pecah karena adanya getaran.

Pasang sealent

Selain dengan pemilihan kaca dan juga system rangka, sebaiknya Anda tak melupakan pemasangan sealent sebagai sambungan. Sealent ini adalah sejeni karet yang telah diselipkan diantara permukaan kaca dan juga bingkai. Fungsinya untuk bisa merendam benturan kaca dengan sebuah bingkai saat terjadinya getaran. Tak hanya itu, karet juga dapat menjadi penghubung antara kaca satu dengan lainnya. Untuk proses pemasangannya, sealent ini lebih mudah sebab bentuknya seperti pasta.

Double Glass

Selain untuk kekokohan, kaca tipe ini juga berfungsi menahan lajunya panas dan dingin antar ruang. Jadi bisa mengatur suhu ruang yang misalnya dipasang AC. Dalam hal ini, kaca doubles glass merupakan kaca tebal yang terdiri dari dua bagian. Namun begitu dari luar tidak terlihat bahwa itu dua lapis. Kaca tipe ini tergolong salah satu yang paling kuat. Biasanya dipasang pada dinding-dinding rumah kaca modern.

Demikianlah tips agar dinding kaca tegak nan kokoh yang bisa kami informasikan. Akan tetapi, untuk menjadikan tampilan dinding rumah tinggal Anda tampak lebih menarik dengan sebuah wallpaper, berkut ini ada beberapa Cara Memilih Dinding Wallpaper Rumah  yang harus Anda tahu.

Leave a Reply