ZigaForm version 4.8.0

Tips Bangun Rumah Saat Musim Hujan

Membangun rumah di saat musim penghujan?, mungkin saja dikarenakan adanya faktor kebutuhan yang mendesak atau pun rizki yang datangnya tidak terduga. Ada sejumlah kendala yang nantinya akan Anda temui pada saat membangun rumah diwaktu musim penghujan seperti ini. Akan tetapi Anda juga tidak perlu khawatir, sebab berikut ini akan kami bagikan tentang tips bangun rumah saat musim hujan yang mungkin saja bisa jadi referensi Anda saat membangun hunian tinggal.

Memasuki tahun 2020 ini, harga material atau bahan bangunan melonjak tinggi sebab kenaikan harga BBM yang juga diikuti dengan kenaikan barang-barang kebutuhan keluarga. Kenaikannya sekitar 10 % lebih jika Anda amati fluktuasi di pasaran. Pastinya pada saat membangun rumah di musim penghujan seperti ini harus terencana supaya tidak terjadi kerugian, contohnya saja tembok yang baru saja disusun jadi roboh diterpa angin dan hujan. Berikut ini tips bangun rumah saat musim hujan yang harus Anda tahu.

Tips bangun rumah saat musim hujan

Pantau cuaca

Pada area informasi sekarang ini, memantau cuaca jadi sangat mudah lewat internet. Dari perkiraan cuaca yang seperti ini dapat dipersiapkan ancang-ancang program kerja bagi para tukang atau kulit, peralatan serta bahan bangunan supaya tidak terkena imbas negative dari hujan yang turun tersebut. Anda bisa cek perkiraan cuaca harian, mingguan. Dengan ini anda bisa tahu curah hujan dan lama turunnya, sehingga bisa disesuaikan dengan proses pekerjaan bangun rumah.

Pastikan lokasi aman dari aliran air

Tempat anda mendirikan rumah bisa jadi adalah bekas sawah, di lahan landai atau bahkan di lokasi miring. Ini tentu sangat riskan dilewati air. Oleh karenanya, disaat air hujan turun bisa jadi lokasi tempat rumah anda akan kebanjiran, atau setidaknya terlewat air yang akan mengganggu proses pembangunan rumah. Hal ini bisa diakali dengan membuat pagar disekeliling lokasi.

Air harus bisa mengalir

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan air tidak menggenang di tempat bangun rumah. Buatlah parit kecil agar air bisa mudah keluar dari lokasi. Anda juga bisa membuat sodetan-sodetan di sekitar pondasi agar air tidak merusak struktur pondasi yang masih belum begitu kuat.

Penempatan bahan-bahan bangunan

Perlu Anda tahu bahwasannya ada beberapa jenis bahan bangunan yang bisa dibilang cukup sensitif atau pun tidak boleh terkena air hujan, salah satunya adalah semen dan juga gamping halus yang mudah sekali bereaksi pada saat terkena air hujan. Perhatikan juga pasir, karena dia mudah tergerus dan terbawa air. Oleh karenanya, Anda di sini harus pintar-pintar dalam meletakkan jenis bahan bangunan tersebut di tempat yang aman dari air hujan. Selain ditutupi, anda juga perlu membatasi atau pasar pagar kokoh disekeliling bahan bangunan tadi.

Pemasangan terpal

Memasangkan terpal di atas sebuah bangunan yang telah digarap oleh tukang dan juga kuli adalah tips paling efektif untuk amankan bangunan dan juga para pekerja itu sendiri. Karena jika hujan turun terlalu deras maka bisa turunkan kinerja para pekerja. Semisal di dalam membuat campuran perekat dinding yang memang tidak boleh terkena air hujan secara langsung. Sebab bisa langsung luruhkan sehingga tembok pun akan mudah roboh. Untuk itulah penting sekali menyediakan terpal yang lebar untuk mensiasati kerugian akibat dari guyuran air hujan tersebut.

Alat pengaman

Hujan yang turun lebat ini identik dengan sambaran kilat yang sangat mendebarkan jantung siapa pun. Untuk itulah perlu sekali memasangkan sejumlah alat penangkal sambaran petir tersebut di tempat tinggi di sekitar lokasi pembangunan rumah tinggal Anda. Misalnya dipohon, tembok yang sudah jadi, atau pun pada bangunan tinggi yang ada di sekitar rumah. Tips ini berguna sekali untuk memberi rasa aman, khususnya bagi para pekerja saat melakukan proses pembangunan rumah Anda.

Pilihlah pekerja yang tepat

Kerugian terbesar jika pembangunan terhenti dikarenakan para pekerja mengeluh karena turunnya hujan, padahal sudah Anda persiapkan segala macamnya supaya proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Jika saja Anda masih belum kenal para tukang yang bisa diamanahi, carilah rekomendasi dari teman, keluarga, atau kerabat yang sudah akrab dengan dunia pertukangan.

Utamakan keselamatan

Terakhir, namun begitu penting dilaksanakan adalah faktor keamanan. Bagaimanapun kerugian materil anda, kesalamatan adalah hal yang perlu diutamakan. Jika di lapangan terus terjadi hujan dan mengakibatkan keamanan anda, rumah dan pekerja terancam, maka sebaiknya hentikan pekerjaan proses bangun rumah. Tunggu hingga suasana aman. Dan pilih waktu yang tepat agar anda bisa lanjutkan pekerjaan lagi.

Demikianlah informasi tentang tips bangun rumah saat musim hujan yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply