Tips Jitu Menata Ruang Bermain Anak

Menata ruang untuk bermain anak yang jitu ? Anak-anak butuh ruangan khusus dimana nantinya mereka dapat bermain, belajar, dan juga berekplorasi dengan aman serta nyaman. Skala ruang bermain anak ini tidak perlu besar, yang paling penting di sini adalah cukup bisa memberikan kesempatan agar anak bisa beraktifitas di dalamnya. Selain hal tersebut, ruang bermain ada baiknya dibuat secara terpisah dari kamar tidur anak, karena bermain dan juga beristirahat adalah dua hal yang berbeda.

Nah, sebelum Anda memulai bangun ruang bermain anak, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, khususnya untuk keamanan dan juga kenyamanan sih anak. Anda harus memastikan furniture serta elemen yang dipergunakan di dalamnya aman digunakan sih anak.

Tips menata ruang bermain anak

  • Pemilihan tema dan layout ruangan

Pengaturan posisi kursi, meja, dan lemari jadi poin yang paling penting sekali untuk menciptakan kenyamanan di dalamnya. Lemari serta rak penyimpanan ada baiknya Anda letakkan menempel di dinding. Sementara itu untuk meja serta kursinya yang jadi pusat aktifitas anak bisa diletakkan di tengah-tengah ruangan. Untuk tema yang bisa Anda pilih bisa disesuaikan dengan karakter anak, contohnya saja dengan memilih kartun favoritnya.

  • Pemilihan furniture yang aman

Furniture yang aman untuk anak adalah furniture dengan bagian ujungnya tak lancip serta berbahan ringan, seperti plastik supaya mudah sekali memindahkannya. Sesuaikan juga ukuran meja serta kursi dengan ketinggian maupun besarnya tubuh anak Anda, dan pilihlah warna-warna cerah, ini berguna sekali untuk menstimulasi otak sih anak sekaligus jadi aksen untuk ceriakan ruangan. Usahakan pintu juga diberi penghalang saat buka tutup, agar anak tidak mudah terjepit.

  • Tempat penyimpanan

  Untuk menjadikan ruang bermain anak agar selalu tampak rapi, Anda bisa mengajarkan anak untuk selalu membereskan kembali mainan yang sudah dipergunakan. Anda dapat menyediakan tempat penyimpanan yang berupa lemari atau pun rak terbuka yang nantinya bisa diisi dengan boks-boks penyimpanan. Apabila Anda juga berencana untuk mendesainn sendiri furniture anak, bisa sekaligus sisipkan ruang penyimpanan pada rancangannya. Sehingga Anda pun tak perlu khawatir lagi ruangan akan tampak berantakan.

Demikianlah tadi tips jitu menata ruang bermain anak yang bisa kami informasikan. Selain dengan desai ruang bermain untuk anak, kami juga memiliki informasi menarik lainnya tentang desain plafond untuk rumah tinggal Anda, baca juga ya pada artikel berikut, “Pilihan Desain Plafond Rumah Minimalis Terbaru dan Terpopuler ”.

Leave a Reply