Tips Memilih Lantai Laminat yang Mudah

Sudah jatuhkan pilihan untuk memasang lantai laminat saat bangun rumah nanti ? Atau sedang cari-cari dulu untuk dapatkan ide dulu ? Apapun situasi anda, memilih lantai laminat menjadi salah satu keputusan terbaik. Karena dilihat dari desain, ketahanan dan cara perawatan, laminat bisa diandalkan. Tidak kalah dengan lantai rumah lain, seperti keramik dan beton.

Kira-kira bagaimana sih cara atau pun tips memilih lantai laminat tersebut? Lantai laminat atau yang juga disebut dengan lantai laminasi ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk lantai rumah tinggal Anda agar tampak lebih natural dan juga artistic, bahkan rumah dengan lantai laminat tersebut juga bisa menciptakan nilai seni yang lebih.

Lantai laminat (laminate flooring) ini cukup terkenal sekali sebagai lantai alternatif khususnya untuk lantau kayu solid, sebab harganya yang lebih murah, tahan terhadap goresan, dan juga perawatannya pun lebih mudah. Dan sebelum Anda membeli lantai laminat, di bawah ini adalah beberapa tips memilih lantai laminat yang mudah dan cocok. Simak yuk informasi selengkapnya berikut ini.

Tips memilih lantai laminat yang mudah

  • Seberapa besarnya ruangan dalam rumah tinggal Anda? Dengan mengetahui ukuran dari ruangan tersebut, nantinya bisa membantu Anda untuk rencanakan berapa banyaknya lantai laminat yang akan Anda butuhkan.
  • Berapa besar anggaran Anda untuk membeli lantai laminat ini? Hal tersebut juga sangat penting sekali untuk Anda perhitungkan dan pikirkan sebelumnya.harga laminat biasanay berdasar meter persegi. Jadi untuk hitung harga ukur ruang yang ingin dipasang laminat.

 

  • Tata letak, mau dipakai dimana ? apabila lantai kayu laminat Anda tersebut dimaksudkan untuk dipasangkan di tempat yang komersial, maka high pressure laminate flooring ini bisa jadi pilihan terbaik, sebab lebih kuat dan juga tahan terhadap goresan. Ini bisa dilihat pada ukuran ketebalan, semakin tebal semakin baik, biasanya yang bagus mulai dengan ukuran 8 mm
  • Kualitas lebih rendah bisa dipakai pada ruang yang tidak sering dipakai, atau dipakai tapi tidak terus menerus. Seperti kamar tidur, ruang baca, dan ruang penyimpanan barang. Ketebalannya bisa yang hanya 6mm. Ini cukup kuat dipakai dan tahan laman.

 

  • Pastikan penyambung antar ruangan anda dapatkan. Sering terjadi antar ruangan memakai motif atau model laminat berbeda. tentu ini perlu penyambung antar keduanya, jadi beli penyambung laminat ini yang sesuai
  • Profil penutup. Apa ini ? Dia Diperlukan jika laminat berakhir pada daerah terbuka. Misalnya diujung lantai yang mengarah ke tangga. Biasanya berbentuk segitiga memanjang dan terbuat dari alumunium atau PVC kuat.
  • Pilih skirting yang cocok. Apa itu ? adalah finishing laminat yang bersentuhan dengan tembok. Biasanya berbentuk kecil memanjang diatas laminta itu sendiri. Ada juga yang menempel di dinding dengan ukuran lebih besar. Pada toko bangunan anda bisa memilih ini yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pertimbangkan juga pantai laminat dengan VOC yang rendah (volatile organic compounds). Formaldehida adalah senyawa yang telah ditemukan di dalam lantai laminat yang bisa memancarkan VOC atau pun senyawa organic yang mudah sekali menguap, dan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Oleh sebab itulah, memilih lantai laminat yang ramah lingkungan dan dibuat dari pengikat formaldehida rendah atau pun bebas formaldehida merupakan pilihan yang paling tepat dan bijak.

Pilih juga pola dan juga warna yang tepat. Padu padan dengan cat dinding, furniture hingga plafond. Ini akan menjadilan rumah semakin asri dan nyaman ditinggali. Dan terakhir, silakan ambil sampel laminat dari pengecer lalu coba sampel tersebut pada ruangan Anda dengan pencahayaan yang berbeda. Sampel biasanya berbentuk potongan kecil, jadi mudah dibawa.

Demikianlah tadi tips memilih lantai laminat yang mudah dan bisa diaplikasikan pada ruang rumah tinggal Anda. Sedangkan untuk menjadikan penampilan rumah tinggal Anda terlihat indah, tentu tak hanya memperhatikan bagian lantainya saja, akan tetapi juga harus memperhatikan tampilan dindingnya, dan berikut ini adalah beberapa Contoh Desain Dinding Rumah Minimalis Paling Trend  yang harus diketahui.

Leave a Reply