Tips Memilih Lantai Parket yang Berkualitas

Lantai rumah minimalis cenderung berbeda dengan rumah besar nan mewah. Saat membangunnya akan banyak dipikirkan tentang bahan-bahan bangunan yang dipakai. Parket menjadi salah satu pilihan terbaik. Kalau diterapkan pada lantai, dia akan menambah hangat suasana. Terkesan simpel, elegan, kokoh dan kuat. Lantai parket semakin memikat hati pemilik rumah dengan segala kelebihannya tersebut. Anda juga tertarik dengannya ? Boleh-boleh saja ! ­čÖé

Berikut ini akan kami jelaskan tentang beberapa tips menarik yang mungkin saja sedang Anda cari. Yakni “tips memilih lantai parket yang berkualitas tinggi”. Tentunya yang bagus, awet dan tahan lama.┬á Buat Anda yang memang akan memasangkan lantai kayu untuk rumah tinggal Anda harus lebih berhati-hati di dalam memilih lantai kayu yang bakal dipasangkan supaya tidak menyesal di kemudian hari. Sebab bahan satu ini dibuat dari kayu, maka penangannya pun juga berbeda dengan lantai biasa.

Kayu adalah salah satu kekayaan alam yang memang dapat dimanfaatkan jadi berbagai kebutuhan, salah satunya adalah dipergunakan untuk lantai rumah tinggal yang tampak elegan, modern, dan bernilai seni, serta artistic. Penggunaan lantai kayu saat ini memang sudah tidak asing lagi, khususnya bagi Anda yang tinggal di dusun, sebab memang di dusun ini rumahnya berbentuk panggung dan lantainya dibuat dari bilah-bilah kayu atau yang disebut dengan papan kayu.

Perlu Anda tahu, bahwasannya ada beberapa kriteria di dalam memilih lantai kayu dengan kualitas bagus yang bisa dipergunakan untuk lantai,. Apalagi lantai kayu ini juga memiliki beragam macamnya, seperti halnya dengan kayu parket yakni kayu solid, vinyl, dan juga laminated parket. Dan sesuai dengan namanya, parket solid ini merupakan kayu yang solid atau pun kuat.

Sementara itu untuk parket vinyl ini sendiri merupakan gabungan kayu solid dengan lapisan kayu berkualitas rendah. Sedangkan untuk laminated parket adalah parket yang dibuat dari serbuk.  Dan berikut ini adalah tips dalam memilih lantai parket yang berkualitas yang harus Anda tahu.

Tips memilih lantai parket yang berkualitas

  • Tahan pada cuaca dan rayap.
  • Lantai kayu dengan menggunakan system puzzle atau pun kuncian supaya merekat dengan kuat.
  • Kayu tak ringan alias berat, ini artinya semakin berat maka kayu tersebut semakin padat.
  • Dan yang paling penting di dalam memilih lantai kayuny adalah pilih perusahaan lantai kayu yang memberi garansi bila setelah dipasangkan kualitasnya jelek.
  • Pilihlah perusahaan yang memberi harga lantai kayu murah, akan tetapi kualitasnya bisa memenuhi kriteria diatas.
  • Ketebalan parket,semakin tebal semakin baik dan tahan lama, usahakan mulai 8mm untuk kebutuhan ruang keluarga.
  • Menyerap suara. Ini penting untuk rumah tingkat atau apartemen. Agar sewaktu jalan, suara tidak berisik ke lantai bawahnya.
  • Dessin atau lapisan diatas kayunya harus berlapis kuat, Ini untuk menghindari adanya goresan.┬á sehingga kalau tipis dan sering dipakai mudah terkelupas atau sobek.

Demikianlah tips memilih lantai parket yang berkualitas, tapi, apabila Anda kurang suka dengan menggunakan lantai kayu parket, maka pilihan lainnya adalah dengan menggunakan pantai keramik, berikut ini adalah Cara Memilih Warna Lantai Keramik  yang bisa Anda baca terlebih dahulu.

Leave a Reply