Tips Menata Desain Dapur Sempit Lebih Efektif

Dapur dengan ukuran yang kecil bukan suatu masalah. Dapur bisa jadi efektif jika penggunanya tahu cara mengaturnya. Anda cukup belajar mengenai tips menata desain dapur sempit agar terkesan lebih efektif dan lega. Tapi, sebelum Anda akan memulai membuat sebuah dapur mungil yang lebih efektif, yakinlah bahwasannya bagaimana pun bentuk, ukuran, atau pun peralatan dapurnya semaunya tetap baik. Itu cuma tergantung selera.

Terpenting adalah fungsinya, yaitu memasak. Sering dengar istilah “yang penting dapur ngebul” ? Itu dia intinya. Setelah itu adalah seni, keindahan yang bisa ditata sendiri. Daripada berlama-lama lagi, berikut ini adalah tips menata dapur yang sempit yang bisa Anda terapkan pada ruang dapur pada rumah tinggal Anda.

Tips menata desain dapur sempit lebih efektif

  • Temukanlah tempat untuk meletakkan semua barang di dapur. Kerapian merupakan salah satu hal pertama di dalam menjadikan ruangan yang berukuran terbatas jadi lebih efisien.
  • Buka pikiran Anda dan beri kesempatan supaya pakem yang selama ini Anda gunakan untuk tata dapur bisa diubah. Contohnya saja dengan melepaskan pintu lemari dapur serta membiarkan isi lemari dapurnya dapat terlihat dari luar dengan mudah. Apabila Anda memang tak mau membiarkan lemari terbuka, maka Anda bisa menggunakan pintu kaca.
  • Menciptakan perubahan untuk beri ilusi ruangan lebih luas. Tumpukan barang-barang seperti piring akan menjadikan dapur terlihat penuh. Solusi terbaiknya adalah memberikan warna cat dinding dengan warna natural, seperti putih dan menggunakan piring dengan warna putih juga. Piring yang menumpuk nantinya akan terlihat menghilang serta menjadikan dapur Anda terasa lebih luas dan rapi.

 

  • Menyesuaikan ukuran dan jumlah peralatan memasak atau pun peralatan makan serta minum dengan luas dapur. Bila Anda hidup sendirian, maka tak perlu menggunakan penanak nasi berukuran besar, Anda juga tidak membutuhkan dua lusin piring serta gelas berukuran besar. Jadi beli dan gunakan alat dapur seperlunya.
  • Jadikan dapur lebih terang, usahakan dapur mempunyai aksen ke sinar matahari, dan beri juga pencahayaan artificial. Ruang dapur gelap akan lebih lembab, apalagi bila dapurnya sama sekali tak memiliki akses ke sinar matahari alami. Selain itu, pastikan juga bagian permukaan meja dapurnya juga tak lembab. Anda bisa memberi lampu di bagian bawah lemari dapurnya.
  • Dapur anda terletak didalam ruang yang berpintu ? Ini bisa dihilangkan. Pintu dapat mengesankan kesempitan. ruang terbuka memberi kesan luas meski ruangnya sama.

 

  • Mau lebih ekstrim ? selain pintu, tembok ruangan juga bisa dihilangkan. Sehingga anda punya open kitchen. Menarik bukan ? patut dicoba. Namun perlu diingat akan keselamatan juga. Apa dengan membuang tembok itu tidak mengurangi kekokohan bangunan ?
  • Terakhir, gunakan furniture yang multifungsi, seperti menempatkan meja kecil di dapur.

Demikianlah tips menata desain dapur sempit lebih efektif yang bisa kami bagikan. Dan perlu Anda tahu bahwasannya desain dapur ini terbagi jadi dua bagian, yakni dapur basah dan kering, untuk inspirasi dapur basah, silakan baca artikel ini terlebih dulu “Ide Desain Dapur Basah yang Harus Anda Tahu”.

Leave a Reply