Tips Mencari Lokasi untuk Bangun Rumah yang Pas

Memiliki rumah tinggal dengan lingkungan yang nyaman memang jadi impian tersendiri bagi banyak orang. Juga dalam hal memilih lokasi yang tepat dan pas untuk bangun rumah yang diinginkan. Tahapan awal yang wajib dilakukan sebelum Anda bangun rumah adalah dengan mencari lokasi yang sesuai.

Untuk hal yang satu ini umumnya orang akan mempertimbangkan tentang berapa harga lahan untuk per meternya, serta lokasinya berada dimana. Berikut ini ada beberapa alternatif lokasi yang bisa dijadikan pilihan untuk bangun rumah.

Lokasi untuk bangun rumah yang pas

Sawah dan rawa

Sawah atau pun rawa merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan sebagai lokasi atau tempat bangun rumah. Tapi, umumnya tanah pada lokasi tersebut tidak stabil. Lebih lanjut anda harus menentukan pondasi yang sesuai dengan menggunakan tes ketahanan pada laboratorium. Urugan tanah dan pemadatannya pun juga diperlukan sekali supaya tanahnya siap untuk pondasi.

Perkebunan

Langkah yang harus diperhatikan di sini adalah hindari tanah bekas perkebunan atau pun hutan. Sebab jika Anda menggunakan lokasi tersebut, maka nanti akan memerlukan biaya tambahan untuk antisipasi adanya rayap. Kebun serta hutan memang banyak sekali menyimpa sumber makanan bagi rayap. Usaha yang bisa dilakukan untuk antisipasi rayap adalah menyemprotkan zat anti rayap pada galian pondasi rumah dan permukaan tanahnya.

Gunung kapur

Lokasi yang selanjutnya adalah gunung kapur. Anda dapat lebih hemat dalam bangun pondasi saat bagun di lahan pegunungan batu kapur ini. Hal demikian dikarenakan tanahnya yang cukup keras dan umumnya tak terlalu dalam. Beberapa rumah terkadang hanya perlu sloof saja dan tak perlu menggunakan apapun sebab sudah berdiri di tanah keras atau bebatuan.

Pantai

Walaupun tanah pada pantai ini terbilang stabil, pondasi yang Anda buat haruslah lebih kuat. Dan menggunakan semen untuk hindari terjadinya pengikisan air laut. Selain itu, ada banyak sekali jenis pondasi yang bisa Anda pergunakan, mulai dari tiang pancang kayu, foot plat, tiang pancang dari beton, dan lain-lain.

Nah, itulah tadi tips mencari lokasi untuk bangun rumah yang pas, yang bisa kami informasikan. Sebagai referensi lain, Anda juga bisa baca artikel ini tentang Kiat Memilih tanah untuk Bangun Rumah (65). Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya.

Leave a Reply