Cara Bangun Rumah di Lahan Miring dengan Baik

Bagaimana dengan mudah bangun rumah di lahan miring ? Cara yang cepat dan murah agar bangunan rumah kokoh berdiri. Rumah tinggal di lahan yang miring seperti ini umumnya kurang disukai orang, akan tetapi ada juga yang justru menyukai membangun rumahnya pada lahan yang tidak rata tersebut. Ada yang membangun rumahnya dengan cara meratakannya terlebih dahulu, yang lain pilih membiarkan lahan seperti apa adanya. Bila desain sesuai, lahan miring bisa jadi berkah buat anda.

Sebenarnya memiliki lahan atau tanah yang bagian permukaannya miring ini tak perlu diratakan atau diurug terlebih dulu, malah kondisi yang seperti ini bisa Anda kreasikan jadi daya tarik rumah Anda.

Keuntungan memiliki lahan miring

  • Harga lahan atau tanah lebih murah bila dibandingkan dengan lahan yang landai atau rata bagian permukaannya
  • Rumah akan tampak lebih unik
  • Mampu mencerminkan jiwa muda dan selera seni yang tinggi bagi pemiliknya
  • Nilai jual rumahnya akan melambung tinggi, bila berhasil menjadikan rumah yang bagus dan apik dengan memanfaatkan kontur lahan

Lantas, gimana cara bangun rumah di lahan miring yang baik?

  • Pastikan lokasi lahan aman

Sebelum anda lebih jauh merencanakan pembangunan di lahan ini, paskitan keamanan lokasi sudah terkendali. Karena lahan miring cenderung terjadi longsor atau pergerakan tanah. Belum lagi mungkin dari atas lahan ada daerah tinggi ada potensi bajir bila hujan tiba. Lihat sekitar lahan itu, apa tanahnya rata, bergunung atau berbentuk jurang. Cari informasi apa pernah terjadi tanah longsor. Perhatikan juga bangunan sekitar, apa ada keretakan. Tanya pada pemilik apa pernah terjadi masalah selama tinggal disitu. Jika sudah yakin tanah aman ditempati, baru anda boleh bergerak ke langkah selanjutnya.

  • Tentukan kemiringan lahan

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat akan membangun rumah di lahan miring ini adalah bagaimana tingkat kemiringannya. Seberapa derajat. Curamkah. Bila kendaraan naik turun apa bisa dengan mudah ?. Pastikan juga apa miring ke arah depan, samping , atau berada di hoek ?. Lantas, bagaimana ketinggian dari kemiringan lahan, posisi jalan, luasan lahan, dan apakah terdapat bangunan di sekitar lahan yang akan dibangun. Bila info ini sudah didapat, anda bisa buatkan desain rumah sesuai keinginan.

  • Buat desain rumah

Setelah kemiringan lahan tersebut sudah diukur, barulah dibuat sebuah gambar desain rumah dengan cara memperhatikan tata letaknya yang tepat, contohnya saja menghadap ke mana, berapa panjang serta lebarnya, memanjang atau pun melebar, dimana posisi car port, taman, dan lain-lain. Intingya desain eksterior dan interior harus siap sedia. Dengan lahan miring seperti ini sebaiknya anda minta jasa desain rumah profesional. Kebanyakan ahli bangunan atau ahli desain menyarankan agar rumahnya dibuat bertingkat.

Dan dengan struktur bertingkat tersebut, pastinya akan dapat menghemat ongkos dari pengurukan. Jika pun ada, yang harus diuruk untuk meratakan pastinya hanya sebagian kecil saja. Bila sudut kemiringannya tidak besar, perbedaan tinggi permukaan ruangan yang satu dengan ruangan yang lain bisa dihubungkan dengan tangga yang landai. Sedangkan apabila sudut cukup tajam, maka ada bagian yang harus dikeruk serta bagian lainnya diuruk.

Letak seninya ada dibagian naik turun atau pun tinggi rendahnya ruangan yang telah dibuat. Beda ketinggian tersebutlah yang nantinya akan sebabkan rumah tinggal Anda disarankan dibangun secara bertingkat.

Rumah di tanah miring

Di bagian bawah tangganya, tentu akan ada ruang kosong yang atasnya miring, ini tidak cocok bila dijadikan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang tidur. Anda dapat menggunakannya sebagai kamar mandi atau pun gudang, bahkan Anda juga bisa menempatkan rak dan lemari yang sengaja dibuat dengan mengikuti kemiringan tangganya tersebut. Di situlah bisa disimpan berbagai perkakas atau pun barang-barang rumah tangga, seperti pecah belah atau lain sebagainya.

Ada beberapa alasan untuk memilih bangun rumah di lahan  miring, pertama, rumah 2 lantai akan tawarkan sebuah pemandangan yang lebih indah, yang kedua, rumah 2 lantai di lahan miring Anda bisa memanipulasi model rumah sehingga tak perlu ubah bagian permukaan lahan secara signifikan. Dan pastinya dengan membangun rumah pada lahan yang miring tersebut, akan menjadikan tampilan hunian tinggal Anda lebih indah dan berbeda dari rumah tinggal pada umumnya.

  • Tahap pembangunan

Karena di lahan tidak rata, pondasi rumah sangat harus diperhatikan. Kokoh dan kuat  adalah kunci utama. Untuk hasil maksimal disarankan menggunakan jasa kontraktor profesional. Tukang bangunan yang sudah berpengalaman dengan teknik dan cara membangun rumah di lahan miring.

Bagaimana jika anda ingin bangun rumah sendiri?. tentu bisa, yang harus diperhatikan adalah kedalaman pondasi. Penggunaan pondasi tiang pancang sangat dianjurkan gunak menopang bangunan yang kokoh dan kuat. Bila pondasi telah terbangun dengan baik anda bisa mulai proses membangun rumah seperti biasa.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang cara bangun rumah di lahan miring yang baik. Semoga saja bisa bermanfaat bagi pembacanya.

Leave a Reply