Teknik Murah Renovasi Rumah Tanpa Hutang

Menjaga rumah agar tetap nyaman dihuni merupakan salah satu kewajiban agar Anda nantinya selalu betah. Akan tetapi yang namanya kerusakan dibeberapa sudut rumah terkadang memang tidak bisa dihindari, penyebabnya entah dikarenakan oleh faktor usia, buruknya kualitas dari material atau pun cuaca. Tapi masalahnya, untuk melakukan renovasi rumah, budget yang Anda miliki sepertinya tak cukup untuk membeli beberapa material atau pun ongkos tukang bangunannya.

Masalah yang seperti ini memang sering sekali dikeluhkan oleh banyak orang, padahal kenyataannya rumah tersebut sudah butuh sentuhan tangan tukang bangunan. Apa iya sih renovasi rumah itu mahal? Sebenarnya tidak juga, asal Anda tahu tips dan tekniknya untuk mengakali tingginya kebutuhan ekonomi, renovasi rumah murah ini bisa dikerjakan tanpa perlu cari hutang sana-sini. Bahkan Anda juga bisa mengerjakannya sendiri jika memang mau.

Teknik murah renovasi rumah

Menentukan titik renovasi

Apabila Anda memang sedang berencana untuk renovasi rumah dengan budget minim, maka prioritaskan titik yang alami kerusakan. Bila atap atau pun talang airnya sudah tidak mampu untuk menahan derasnya air hujan, hal tersebut harus Anda utamakan. Cermati setiap sudut rumah Anda dan catatlah bagian mana saja yang harus Anda renovasi. Yang demikian ini dilakukan agar Anda tidak mengeluarkan dana yang lebih untuk renovasi yang tak terlalu penting.

Menentukan pos-pos pengeluaran

Apabila semua titik sudah dicatat dengan baik, kini saatnya untuk membuat pos-pos pengeluaran. Dan yang harus Anda ingat di sini adalah renovasi rumah sebaiknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Ini penting sekali supaya Anda tidak perlu ajukan kredit tanpa agunan atau KTA maupun hutang ke sana-sini. Yang jelas renovasi rumah tersebut tak harus mahal, sebab kenyamanan itu tidak ada pada seberapa mahalnya lantai keramik Anda.

Lakukan survey

Apabila pos-pos pengeluaran sudah Anda tentukan dengan baik, dapat dilanjutkan lagi dengan survey di toko bangunan. Sediakan waktu Anda agar dapat membandingkan antara satu toko dengan toko lainnya.

Faktor keselamatan

Walaupun judulnya renovasi murah, tetapi bukan berarti keselamatan anggota keluarga Anda dikesampingkan begitu saja. Murah sih boleh-boleh saja, akan tetapi kualitas juga tetap dinomor satukan, beberapa material seperti halnya atap, pipa, pondasi, dan juga rangka atap harus sesuai dengan standar kualitas.

Pilih jasa kontraktor atau pemborong?

Apabila renovasi rumah yang akan dilakukan nantinya tergolong besar, maka Anda dapat menggunakan jasa pemborong ataupun kontraktor. Pastinya ada kaitan juga dengan budget yang Anda miliki. Nah, untuk itulah silakan Anda siapkan biaya renovasi rumah jauh-jauh hari supaya prosesnya pun jadi lancar.

Untuk pemborong ini Anda bisa cari berdasarkan referensi atau pun rekomendasi dari tetangga, teman, atau pun keluarga. System yang digunakan umumnya berupa harian atau pun borongan. Selain itu, jika Anda memang menggunakan jasa pemborong, maka Anda nantinya dapat lebih leluasa untuk berkonsultasi dengan mandor atau pun tukang bangunan mengenai budget yang Anda miliki. Hanya saja di sini Anda harus sediakan bahan bangunannya sendiri. Beda halnya dengan kontraktor, Anda bisa santai-santai tanpa harus memikirkan bahan material bangunan sebab sudah disediakan oleh mereka. Tapi Anda juga harus lebih hati-hati bila bertemu dengan kontraktor nakal.

Demikianlah tadi informasi tentang teknik murah renovasi rumah tanpa hutang. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply