Cara Mengatasi Atap Genteng Bocor yang Mudah

Pastinya untuk setiap hunian tinggal sudah pernah alami masalah yang satu ini, baik itu rumah minimalis, rumah sederhana, atau bahkan rumah mewah sekalipun. Pada saat kebocoran ini terjadi, maka air hujan pun akan lebih leluasa untuk masuk ke dalam rumah tinggal dan juga yang demikian ini pastinya akan sangat mengganggu aktifitas bagi para penghuni rumahnya.

Akan tetapi yang banyak terjadi terkadang pemilik rumahnya pun menyepelekan masalah kebocoran yang tengah terjadi tersebut dan akan memperbaikinya pada saat bocornya sudah semakin parah.

Kebocoran yang biasanya terjadi ini bisa saja disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu dikarenakan memang genteng yang sudah rusak, genteng yang telah bergeser, atau karena hal-hal yang lainnya. Untuk kenyamanan para penghuni rumah, maka segera perbaiki atap genteng yang bocor tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi atap genteng bocor dengan mudah? Ini ulasan lengkapnya untuk mengatasi masalah genteng bocor yang bisa Anda contoh.

Cara mengatasi atap genteng bocor

Lapisan anti bocor

Terjadinya kebocoran pada atap genteng ini biasanya disebabkan karena gentengnya sudah alami keretakan, retak-retak sedikit, atau pun hanya berlubang kecil saja. Untuk  bisa mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara memberikan cat pelapis anti bocor. Cara untuk menggunakannya sangatlah mudah, yakni seperti cara mengecat bagian tembok rumah tinggal Anda. Jika sudah diberikan cat anti bocor, maka tunggulah hasilnya pada saat hujan tiba, apa masih bocor atau pun tidak. Jika memang masih bocor, maka Anda bisa mencobanya dengan cara yang lain.

Perbaiki atau pun ganti genteng baru

Khususnya untuk masalah genteng yang bocor diakibatkan karena posisi genteng atap pada rumah Anda yang tidak sesuai, bergeser, atau pun pecah, solusi terbaiknya adalah dengan cara ganti genteng tersebut dengan yang baru serta lakukan penataan ulang yang tepat dan sesuai. Untuk genteng yang pecah Anda bisa mengganti dengan jenis material yang berkualitas bagus, agar di kemudian harinya tidak terjadi masalah yang sama.

Lapisan karpet anti air

Jika kebocoran yang telah terjadi ini dikarenakan tidak diketahui apa itu penyebabnya, maka Anda dapat menambahkan karpet khusus yang digunakan untuk lapisan bagian atap rumah. Berikan saja karpet khusus tersebut pada area kebocoran yang sedang terjadi.

Perbaiki talang air serta pipa pembuangan

Salah satu penyebab utama atap genteng rumah Anda bocor bisa saja terjadi dikarenakan talang air yang mampet, pecah, rusak, kemiringannya kurang tepat, atau oleh hal lainnya, sehingga pada saat hujan tiba, talang tidak bisa menahan air hujan yang deras. Periksalah talang air, jika memang dirasa rusak maka segera diganti dengan yang baru.

Rombak ulang atap rumah

Konstruksi rumah yang tidak tepat juga bisa mengakibatkan kebocoran, contohnya saja kemiringan atap yang kurang tepat atau pun dikarenakan bentuk atapnya yang tidak proporsional. Untuk atasi hal ini mau tidak mau Anda harus renovasi atap rumah agar tidak terjadi kebocoran lagi dan dapat menggantinya dengan asbes.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang cara mengatasi atap genteng bocor yang mudah. Semoga saja informasinya bisa bermanfaat dan juga menginspirasi Anda semuanya.

One Response

  1. DUDI PRASETYO 28/11/2017

Leave a Reply