Bangun Rumah atau Beli Mobil Dulu?

Memang benar adanya jika hidup itu penuh dengan dinamika. Bagaimana tidak? Seiring dengan semakin bertambahnya usia sampai dengan peningkatan kinerja yang mampu mendorong meningkatnya gaji bulanan seseorang, sehingga yang demikian ini pastinya akan dapat memunculkan kebutuhan-kebutuhan baru yang wajib di wujudkan dengan sesegera mungkin.

Contohnya saja, membeli rumah tinggal dan mobil pribadi. Yang demikian ini pastinya juga akan ada di dalam benak Anda jika memang yang terjadi gaji bulan mulai melejit naik.

Akan tetapi harus Anda sadari juga bahwa untuk membeli sebuah hunian tinggal atau pun mobil pribadi ini pastinya akan membutuhkan biaya yang tentu tidak sedikit. Meskipun sekarang ini membeli rumah atau pun membeli mobil tidak sesulit dulu, hanya dengan down payment atau yang biasanya akrab sekali disebut dengan DP sebesar 30 % saja dari harga total, Anda pun bisa memiliki rumah tinggal atau pun mobil pribadi.

Akan tetapi membeli keduanya secara langsung, pasti akan sangat memberatkan keuangan Anda. Lantas, bangun rumah atau beli mobil dulu nih?

Sebetulnya, kebutuhan untuk membeli atau membangun rumah tinggal maupun mobil terlebih dulu tersebut tergantung dari keputusan Anda sendiri. Akan tetapi semua itu juga harus Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan atau financial Anda. Dan yang nantinya harus Anda perhatikan adalah jangan sampai Anda memiliki hutang yang jumlahlah lebih dari 30 % dari total pemasukkan Anda.

Untuk Anda yang masih kebingungan tentang beli atau bangun rumah dan mobil dulu, di bawah ini ada beberapa tips yang akan kami bedakan berdasar kategori status.

Bangun rumah atau beli mobil berdasar status

Single

Untuk status yang masih single sangat mungkin sekali untuk memilih beli mobil terlebih dulu. Dengan berbagai macam alasan, mereka masih belum pikirkan kebutuhan rumah, sebab kebanyakan dari mereka yang masih muda tinggalnya masih bersama dengan orangtua atau pun menyewa kontrakan maupun apartemen. Kategori status tersebut juga masih disibukkan dengan karier serta teman-temannya. Fasilitas mobil jadi penunjang untuk bersosialisasi atau hanya sekadar gaya-gayaan.

Berencana untuk menikah

Sedangkan buat Anda yang memiliki rencana untuk menikah pastinya hal yang demikian ini jadi cukup berat. Rumah dan mobil jadi kebutuhan yang terpenting setelah Anda menikah. Umumnya yang menjadi solusi adalah mencicil mobil dulu setelah menikah dan tetap tinggal dengan orangtua dalam rangka menabung dulu untuk membeli rumah. Cara tersebut memang bisa dibilang cukup efektif untuk sebagian pasangan, akan tetapi terkadang ada juga yang gagal dalam menabung sebab uangnya habis hanya untuk biaya jalan-jalan atau pun perawatan mobilnya.

Sudah menikah dan memiliki anak

Jika Anda sudah menikah dan memiliki anak, maka sangat disarankan sekali untuk memiliki rumah tinggal terlebih dulu, kontrak atau pun tinggal di rumah mertua secara terus menerus juga tak baik, khususnya apabila Anda juga memiliki jumlah anggota keluarga yang tidak sedikit. Bila Anda menekat untuk membeli mobil dengan alasan DP yang rendah, itu artinya Anda bunuh diri, sebab mereka tak akan memiliki rumah tinggal sampai kapan pun. Solusi terbaiknya adalah dengan mencari KPR yang tepat.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang bangun rumah atau beli mobil dulu, mana yang sebaiknya Anda dahulukan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Leave a Reply