Cara Memilih Kontraktor Bangunan yang Tepat

Sudah putuskan pilihan untuk menggunakan jasa kontraktor bangun rumah ? Berarti proses selanjutnya menemukan yang benar-benar pas untuk anda. Baik dari segi pelayanan, kualitas maupun biaya jasanya.

Kemudian bagaimana cara memilih kontraktor bangunan yang tepat? Seperti Anda tahu bahwasannya saat ini ada banyak sekali usaha jasa kontraktor. Terkadang hal yang seperti ini menjadikan Anda kebingungan didalam memilih kontraktor handal berpengalaman. Untuk itulah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa hal yang jadi tolak ukur di dalam memilih kontraktor bangunan yang layak.

Memilih kontraktor bangunan

Memilih lebih dari satu kontraktor

Penting untuk membandingkan berbagai macam kontraktor. Ini akan bermanfaat karena bila dapatkan kontraktor dengan nilai perbandingan tinggi, anda akan diuntungkan. Jadi bila anda sudah dapat tukang bangunan pertama lanjut terus berburu yang nomor dua. Siapa tahu malah lebih menguntungkan dari segi biaya. Dan proses pengerjaan juga lebih cepat.

Menyiapkan rencana anggaran perencaaan atau RAP

Jika memungkinkan, Anda juga harus buat perhitungan awal untuk biaya yang nantinya akan dihabiskan. Supaya Anda bisa terhindar dari penipuan dan bisa menganalisa harga penawaran yang diajukan. Rencana anggaran tersebut sangat penting sekali untuk menyesuaikan pengerjaan bangun rumah tinggal Anda. Seperti telah disebutkan, jangan sampai melenceng dari anggaran. Karena seberapapun bagus desain rumah yang ditawarkan kontraktor, kalau dana tidak mencukupi akan susah untuk diwujudkan.

Legalitas Usaha harus jelas

Saat ini sudah ada banyak sekali jasa kontraktor bangunan yang tak jelas legalitasnya. Sehingga Anda perlu memilih kontraktor yang sudah mempunyai ijin usaha yang jelas karena ada kaitannya dengan kredibilitas atau pun nama baik. Beragam jenis badan usaha yang ada. Tapi yang sering adalah PT atau Perseroan Terbatas. Ini pada kontraktor yang sudah cukup besar dan biasanya sudah berpengalaman lama.

Adalagi dalam bentuk CV, biasanya ini kontraktor kecil dan masih dalam tahap pengembangan usaha. Walau kualitas tidak terjamin dari bentuk badan usaha, setidaknya secara hukum anda punya pijakan jika sewaktu-waktu ada sengketa atau tindakan penipuan.

Sumber rekomendasi yang bagus

Jika Anda kenal seseoranga atu pun pengguna jasa yang sudah pernah menggunakan jasa suatu kontraktor yang ingin Anda gunakan, sebaiknya mencari informasi yang akurat mengenai hasil pekerjaannya. Anda dapat menanyakan klien yang sudah bekerja sama dengan kontraktor tersebut. Lebih baik lagi bila orang dekat Anda yang merekomendasikan kontraktor tersebut.

Anda juga bisa surfing di Internet, apa mereka aktif online, media sosial dan seterusnya. Bila banyak review yang ditemukan, anda bisa tentukan baik tidaknya berdasar info-info yang didapatkan tadi.

Memiliki tenaga kerja terampil

Terkadang jasa kontraktor ini hanya fokus dengan memiliki kuantitas tanpa libatkan aspek kualitas. Pilih kontraktor yang mempunyai kualitas pekerjaan yang baik, biasanya datang dari tenaga yang sudah mempunyai kemampuan dalam melakukan pekerjaannya.

Bagaimana cara mengetahuinya ? Tanyakan apakah para tukang bangunan dibekali dengen ketrampilan mencukupi. Apakah ada pelatihan khusus yang rutin dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan. Adakah sertifikat yang bisa jadi bukti skill mereka ?

Demikianlah cara memilih kontraktor bangunan yang tepat. Semoga saja bisa bermanfaat dan jangan lupa juga untuk membaca artikel berikut ini, Tahap Proses Pembangunan Rumah yang Harus Diperhitungkan

Leave a Reply